MENGELOLA STRESS

26 Feb 2010

health-stress

Stress sebenarnya dapat diatasi dengan mengenali penyebabnya , agar tidak sampai menimbulkan gangguan fisik dan psikis.

Pada umumnya stress dipicu dari berbagai kejadian sebagai berikut :
@ Meninggalnya seseorang yang disayangi

@ Kegagalan

@ Konflik keluarga seperti perceraian atau pertengkaran orang tua

@ Tuntutan kesempurnaan dari pekerjaaan, sekolah , atau lingkungan keluarga

@ Penyakit yang menimpa anggota keluarga

@ Suasana baru karena pindah rumah atau sekolah atau tempat kerja

@ Kemacetan

@ Pengaruh teman atau gang

@ Perubahan mood atau suasana hati tidak stabil

Beberapa orang sering merasa stress karena tugas yang banyak , namun diburu tenggat waktu terbatas . Jalan keluarnya bisa dengan mengatur waktu. Jangan membiasakan menunda mengerjakan tugas , karena ketika tugas itu bertumpuk , stress pun bisa datang. Orang sering merasa stress karena kemacetan . Maka cobalah mengatur waktu dengan berangkat lebih awal atau mencari jalan alternatif. Rasa sedih karena berkabung adalah sesuatu yang wajar terjadi apabila kita mengalami kehilangan seseorang yang sangat kita sayangi . Biasanya reaksi sedih tersebut akan berakhir seiring dengan berlalunya waktu. Namun ada juga cara yang bagus untuk berjuang melawan stress.

large_image528864617

Cara yang oke adalah dengan menelusuri hobi yang mungkin di waktu lalu terpinggirkan karena berbagai kesibukan . Salah satu hobi yang baik adalah berolahraga . Olahraga sangat baik untuk tubuh dan pikiran . Aktifitas fisik membuat tubuh melepaskan hormon endorphin yang bisa membuat merasa tenang dan nyaman . Kita bisa mencoba jogging , bersepeda ,badminton , atau mengajak teman bermain futsal atau bowling . Selain olahraga , menghabiskan waktu nonton , jalan-jalan ke mall , atau makan di restoran bersama temanbisa membuat kita lebih santai sehingga stress bisa terkendali . Hobi lain yang bagus adalah membaca novel yang kita sukai , memasak , atau belajar membuat blog sendiri . Dan jangan lupa untuk selalu berpikir dan berperilaku positif , serta melakukan pendekatan spiritual dengan cara rajin berdoa dan beribadah sesuai agamanya masing-masing.

Pengelolaan stress dengan baik justru bisa mendatangkan nilai yang positif . Misalnya soal pembuatan target . Jika target itu dianggap sebagai beban , maka kita bisa stress . Tetapi jika target dianggap sebagai tantangan , maka hidup jadi lebih menggairahkan.

Stress bisa menjadi motivator untuk meraih prestasi , asal kita bisa mengelolanya . Jadi kelola stress dengan baik.

Kalau merasa stress datang , berbagi ceritalah dengan seseorang yang dekat dengan kita, seperti orang tua , pasangan hidup , atau teman . Bagus juga untuk saling bercanda dengan orang lain , pergi jalan-jalan atau berlibur dengan teman-teman . Dan jangan mengatasi stress dengan cara yang tidak sehat seperti minum alkohol dan ngedrugs.


TAGS Inspirasi untuk Indonesia Mengelola stress


-

Author

Follow Me