HARI TETANGGA

6 Mar 2010

Ada beberapa budaya asli Indonesia yang rutin dan massal dilakukan di Indonesia, yaitu pulang mudik ke kampung halaman untuk dapat berkumpul bersama kerabat saat Idul Fitri , juga menyelenggarakan perlombaan di hari Kemerdekaan Indonesia.

pukul-bantal1

54734_mudik_lebaran_2008___4_thumb_300_225

Ada juga budaya asing yang muncul belakangan di Indonesia yang rutin dan massal dilakukan di Indonesia seperti perayaan Imlek yang merupakan warisan budaya Tionghoa yang mampu bertahan ribuan tahun dan dilestarikan oleh keturunan Tionghoa di seluruh dunia. Budaya Imlek malah telah menjadi hari libur nasional di Indonesia. Budaya asing lain yang digandrungi di Indonesia terutama oleh anak-anak muda Indonesia yaitu hari raya kasih sayang di setiap tanggal 14 februari yang disebut Valentine Day. Sudah jamak bila kita melihat pasangan muda saling bertukar hadiah kasih sayang di hari Valentine. Budaya terbaru yang kini sedang booming di Indonesia adalah menjalin pertemanan di dunia maya melalui jejaring sosial seperti FaceBook , Twitter , dan Friendster .

Tampaknya budaya-budaya tadi bisa menjadi cerminan asli jati diri bangsa Indonesia. Disitu bisa kita lihat bahwa bangsa Indonesia pada dasarnya adalah bangsa yang senang berkumpul bersama keluarga,berteman,dan berbagi kasih sayang. Sayang sekali momen-momen untuk berkumpul dan bergaul itu waktunya sangat minim sekali, hitungan harinya malah kurang dari jumlah jari yang ada di kaki dan tangan kita. Di tengah berkembangnya masyarakat perkotaan , budaya berkumpul bersama secara perlahan menjadi sesuatu yang langka. Kesibukan luar biasa dari individu-individu di perkotaan membuat waktu berkumpul bersama keluarga, tetangga, atau teman menjadi sesuatu yang mahal . Pernahkah anda membayangkan bagaimana nasib budaya berkumpul bersama ini di generasi mendatang ?

Saya bermimpi bila saja ada Hari Tetangga, lalu dijadikan hari libur nasional alangkah indahnya rasa kebersamaan di negeri kita ini. Pada Hari Tetangga ini semua rakyat Indonesia saling mengunjungi dan bertukar makanan dengan tetangganya. Pada Hari Tetangga ini pula semua rakyat Indonesia memakai baju tradisional daerah asalnya masing-masing atau bisa juga memakai batik dan kebaya. Dan pada Hari Tetangga ini juga semua anak kecil di suatu lingkungan bisa meminta penganan kecil atau hadiah lainnya ke rumah tetangga di lingkungannya .

Mungkin aku adalah pemimpi , tapi aku bukan satu-satunya di dunia ini


TAGS my mind


-

Author

Follow Me