7 Penyebab Utama Konflik Di Dunia

23 Sep 2010

konflik-1konflik2

Seorang manusia pasti memerlukan manusia lainnya di dunia, dengan kata lain manusia adalah mahkluk sosial. Namun sering terjadi gesekan-gesekan yang terjadi antara sesama manusia karena sifat ego dan kompetisi dalam berbagai hal untuk mencapai tujuannya . Ini merupakan bakat alami dari manusia yakni manusia merupakan serigala bagi manusia lainnya (Homo Homini Lupus). Banyak faktor dan hal penyebab konflik yang terjadi diantara manusia. Namun menurut pengamatan saya ada 7 penyebab utama pertikaian diantara sesama manusia. Semua yang saya tulis dibawah ini bukan semata-mata suatu pandangan negatif namun merupakan suatu realita.

7 Penyebab Utama Konflik Di Dunia

1. AGAMA

agama
Kenyataan ini sangat menyedihkan, padahal semua agama di dunia mengajarkan kepada setiap umatnya untuk saling mengasihi dan menghormati pemeluk agama lain. Namun realita yang terjadi dalam sejarah umat manusia, agama sering dijadikan dalih untuk membantai pemeluk agama yang lain. Masih segar di dalam ingatan kita betapa berdarah-darahnya saudara-saudara kita bertikai atas nama agama di Ambon dan Poso. Begitu juga yang terjadi antar umat beragama di India-Pakistan. Konflik terbaru yang terjadi antar umat beragama terjadi di Bekasi. Semua konflik ini terjadi karena fanatisme sempit, dan kecurigaan yang berlebihan terhadap pemeluk agama lain. Semoga saja pertikaian-pertikaian ini tidak terulang di masa datang, dan hal ini memerlukan kontrol dari pemimpin ulama semua agama.

2. KESUKUAN/RAS

index
Sejarah kelam di abad 20 di tandai dengan pembantaian besar-besaran manusia karena perbedaan ras dan suku. Kamp konsentrasi ala Gestapo di era Hitler, perang saudara antara suku Hutu dan Tutsi di Rwanda, pembantaian di Sarajevo oleh diktator Serbia kepada bangsa Bosnia, semena-menanya kaum Broer kepada orang kulit hitam di Afrika Selatan(sistem Apartheid), kekerasan antar suku di Sampit. Semua ini adalah beberapa contoh betapa berdarahnya konflik yang disebabkan oleh perbedaan ras/suku

3. UANG/HARTA

uang
Uang adalah alat perlindungan buat memenuhi kebutuhan hidup manusia,namun uang dan harta kerap menjadi alasan manusia untuk saling bertikai. Banyak keluarga yang bertikai saat terjadi pembagian harta warisan. Ada pula perampokan yang menyebabkan korban jiwa dengan alasan butuh uang.

4. WILAYAH TERITORIAL

vladstudio_worldinversed_800x600

Konflik Israel-Palestina adalah contoh betapa berdarahnya perebutan wilayah teritorial suatu negara. Kita juga melihat betapa sengitnya perebutan wilayah Kashmir, agresi Irak kepada Kuwait di awal 90-an, juga perang Iran-Irak. Bukan hanya antar negara/bangsa saja yang sering berkonflik karena wilayah teritorial, bahkan antar geng biasa saling membunuh untuk memperebutkan suatu wilayah.

5. JABATAN/KEKUASAAN

mahkota

Sering kali terjadi kudeta berdarah terjadi untuk merebut jabatan tertinggi di suatu negara/bangsa. Ken Arok membunuh Tunggul Ametung, Kaisar Nero yang membantai keturunan kaisar dan jendral berpengaruh di masa Romawi, perang di Somalia, dan kudeta di Thailand. Semua itu memperlihatkan betapa kejamnya manusia untuk meraih puncak kekuasaan.

6. PASANGAN HIDUP (Suami/Istri/Pacar)

sup3

Kecemburuan berlebihan terhadap pasangan hidup(baik yang resmi–suami/istri,atau tidak resmi–kumpul kebo/pasangan sesama jenis ,ataupun belum resmi–pacar) bisa mengakibatkan seseorang melakukan hal-hal yang kejam. Rusaknya wajah Lisa karena disiram air keras oleh suaminya hingga harus di Face Off puluhan kali,atau mutilasi Heri di Depok oleh Ryan Jombang karena cemburu kekasih sesama jenisnya digoda .

7. PERTANDINGAN SEPAKBOLA

SEPAKBOLA RUSUH
Tak bisa dipungkiri sepakbola adalah olahraga paling populer di muka bumi ini, hingga sampai ada istilah ‘demam sepakbola’. Namun fanatisme berlebihan dari fans berat suatu negara/klub sepakbola sering menjadi konflik. Kita lihat saja tawuran antar suporter klub di Indonesia, ada juga Holligan Inggris yang selalu ditakuti karena kerap membuat rusuh dan berkelahi dengan suporter lainnya, juga tragedi tewasnya suporter di Heysel Stadion. Di Itali bahkan ada seorang polisi yang meninggal karena kekerasan suporter sepakbola. Yang paling berdarah karena sepakbola adalah perang negara Honduras - El Salvador.

Foto : from Google


TAGS my mind Stop Kekerasan


-

Author

Follow Me