Naturalisasi

2 Dec 2010

Suara gemuruh suporter Indonesia membahana di Gelora Bung Karno. Mereka sangat bahagia karena timnas Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dan Laos dengan skor telak 5 - 1 dan 6 - 0. Gemuruh yel yel apresiasi atas kemenangan ini juga berkumandang di seluruh dunia melalui internet. 4 nama pemain Indonesia sempat menjadi trending topic situs Twitter .

Kebetulan kemenangan ini di raih timnas Indonesia yang baru saja menaturalisasi pemain. Ada 2 pemain Indonesia hasil naturalisasi yang bertanding semalam yaitu Christian Gonzalez dan Irfan Bachdim.

timnas_vs_malaysia_06

Di dalam sepakbola menaturalisasi pemain adalah hal yang biasa. Bahkan tim dunia sekelas Perancis,Spanyol,Jerman, dan Portugal menaturalisasi pemain asing. Prestasi hebat diraih tim dunia ini berkat dukungan pemain yang dinaturalisasi. Contohnya Youri Djorkaeff,Zinedine Zidane,Patrick Vieira pemain keturunan Afrika di Perancis yang menggondol Piala Dunia 1998,atau Marcos Senna pemain asal Brasil yang turut membawa Spanyol juara di Piala Eropa 2008, dan yang terkini Mezut Ozil dan Sami Khedira pemain keturunan Turki dan Tunisia yang membawa Jerman juara 3 World Cup 2010.

Sebelumnya sempat ada kontra mengenai naturalisasi pemain di timnas Indonesia. Mereka mengkhawatirkan bila pemain hasil naturalisasi tidak dapat berjuang mati- matian membela nama Indonesia. Namun kita semua melihat betapa cintanya pemain naturalisasi membela Indonesia,lihat saja ciuman Christian Gonzalez ke lambang Garuda saat mencetak gol.

Jadi kita tunggu apakah Indonesia bisa berprestasi tinggi dengan diperkuat pemain naturalisasi. Maklum selama ini tim PSSI telah kemarau gelar juara selama 19 tahun saat diperkuat pemain asli Indonesia.

“Jayalah Indonesia..Garuda Didadaku..Garuda Kebanggaanku..Ku Yakin Hari ini Pasti Menang..”

Hasil dan Jadwal lengkap timnas PSSI lihat disini


TAGS Inspirasi untuk Indonesia


-

Author

Follow Me