Menulis itu Layaknya Menggubah Musik

14 Jan 2011

music

Menulis itu layaknya menggubah musik,membutuhkan jiwa seni mumpuni dari penciptanya untuk menghasilkan sebuah masterpiece.

Menulis ibarat memainkan sebuah instrumen musik. Diperlukan keahlian tersendiri memainkan instrumen tersebut untuk menghasilkan nada-nada yang indah. Kala memetik senar gitar,menggesek senar biola,meniup saxophone,memukul perkusi,dibutuhkan teknik yang baik dari pemain musik untuk menghasilkan nada yang harmonis. Begitu pula dengan menulis.Menulis yang baik membutuhkan teknik yang baik dari sang penulis. Memberi gambaran suasana,membuat akses visual,membuat penafsiran pada fakta, berimprovasi adalah beberapa teknik yang baik dalam menulis.

Dalam bermusik membutuhkan sebuah soul untuk menghidupkan sebuah lagu. Begitu juga dengan menulis,dibutuhkan kejujuran dalam karya penulis,yang bila digali lebih jauh akan membuat sebuah ciri khas tersendiri dari sang penulis.

Menulis perlu improvisasi layaknya memainkan musik. Sekali-kali bacalah puisi untuk mempertajam kosa kata. Diperlukan juga belajar bahasa gaul terkini untuk memperkaya kosa kata.

Jadi apapun aliran tulisanmu, entah puitis,serius,curcol,humor gokil,kritis,melow, jadikan tulisanmu menjadi sebuah karya yang indah.


TAGS my mind Terampil Menulis


-

Author

Follow Me