Sinergi Besar

25 Jan 2011

gotong-royong

Sinergi lebih dari sekedar kompromi atau kerjasama. Kompromi itu 1 + 1 = 1 .Kerjasama adalah 1 + 1 = 2 . Sinergi adalah 1 + 1 = 3 atau lebih. Sinergi adalah kerjasama yang kreatif. Hasilnya lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya.

Kerjasama yang baik itu ibarat musik yang mengalun harmonis. Semua suara dan instrumen musik terdengar berbarengan,tetapi tidak saling bersaing. Secara individual,instrumen-instrumen memainkan nada yang berbeda,memperdengarkan suara yang berbeda,berhenti pada saat yang berbeda.Namun semuanya berbaur menjadi satu dan menciptakan suara yang sangat harmonis. Inilah sebuah sinergi.

Tim yang hebat biasanya terdiri dari 5 tipe orang atau lebih, dimana masing-masing pemain memainkan peran yang berbeda-beda.

1.Pekerja Giat

? Pasti dan mantap, terus bertekun hingga pekerjaannya selesai.

2. Inovator

? Orang-orang kreatif,banyak ide. Merekalah yang memberikan percik semangat

3. Penjaga Keharmonisan

? Mereka menyediakan persatuan dan dukungan. Pewujud sinergi nyang hebat. Jago bekerjasama dengan orang lain dan mendorong kerjasama dengan pihak lain.

4. Pengikut

? Mereka sangat loyal terhadap pemimpinnya. Kalau mereka mendengar ide hebat, mereka berjuang mati-matian melaksanakannya.

5. Tukang Pamer

? Tipe ini menyenangkan untuk diajak kerja bersama,tetapi kadang-kadang menyusahkan. Mereka seringkali menambah bumbu dan momentum yang diperlukan untuk membawa sukses tim secara keseluruhan.

Kerjasama antara orang-orang bertipe diatas bisa menghasilkan sebuah sinergi. Masing-masing orang membawa talentanya masing-masing dan berkontribusi dengan cara yang berbeda. Dan sinergi ini menghasilkan sesuatu yang besar.

Produk sampingan dari kerjasama dan sinergi adalah terciptanya hubungan-hubungan yang spesial.

Ada sebuah kutipan yang sangat bagus dari seorang pebasket legendaris mengenai kerjasama :

” Di dalam permainan ini,walaupun engkau telah memenangkan banyak pertandingan,perasaan kerjasamalah yang akan kamu ingat. Kamu akan nlupa permainannya,bidikannnya,skornya,tetapi kamu takkan pernah melupakan rekan-rekanmu satu tim “(Deborah Miller)


TAGS my mind SHARING dbloggereaction


-

Author

Follow Me