AIR - Molekul Kehidupan

22 Mar 2011

air

Air adalah misteri. Air itu sederhana sekaligus rumit. Setiap molekulnya terdiri dari 3 atom saja, 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oksigen. Meskipun demikian,para ilmuwawan belum sepenuhnya mengerti cara kerja molekul air. Namun yang kita tahu pasti adalah air mutlak diperlukan untuk kehidupan. Ini nyata terbukti bahwa 80 % bobot semua mahkluk hidup terdiri atas air.

Sekitar 70 persen wilayah bumi adalah lautan,sehingga perannya dalam pengendalian iklim sangat besar. Sesungguhnya lautan dan atmosfer bekerja sama terus menerus bertukar panas,air,gas,dan pergerakan dalam bentuk angin serta gelombang.Pertukaran panas,air,gas antara lautan dan atmosfer tersebut juga membantu mengalirkan panas matahari dari daerah tropis ke daerah kutub,yang menyeimbangkan suhu bola bumi.

DAUR AIR (Hidrologi)

siklusair

Ilustrasi : Wapedia

  1. Panas matahari menguapkan air ke atmosfer
  2. Air yang dimurnikan ini berkodensasi menjadi awan
  3. Awan selanjutnya mengahsilkan hujan air,hujan es,hujan salju,yang turun ke bumi. Selesailah satu daur air

Air juga mempunyai sifat-sifat yang menakjubkan. Berikut lima sifat air yang menakjubkan :

  1. Air sangat transparan,sehingga organisme yang bergantung pada cahaya bisa tetap hidup di tempat yang sangat dalam.
  2. Molekul air menimbulkan tegangan permukaan sehingga terbentuklah ‘kulit’ yang elastis. Tegangan ini memungkinkan serangga meluncur di kolam,membuat air membentuk titik-titik air,dan turut menyebabkan terjadinya daya kapiler(yang membantu air naik pada tumbuhan yang paling tinggi sekalipun)
  3. Air bisa menyimpan panas dalam jumlah besar tanpa peningkatan suhu yang berarti,sehingga turut menyeimbangkan iklim.
  4. Air mengembang ketika membeku,sehingga es mengapung dan membentuk lapisan penyekat. Seandainya air memadat sewaktu membeku seperti zat-zat lainnya,niscaya danau,sungai,dan lautan akan mengeras dari dasar sampai permukaaan sehingga membekukan segala isinya.
  5. Air adalah pelarut yang efisien. Air bisa melarutkan Karbon Dioksida,Garam,mineral,dan zat lainnya.


TAGS alam hijau air love nature


-

Author

Follow Me