Si Asam Pedas dari Korea

24 Mar 2011

Selama ini orang Indonesia mengenal Korea lewat drama-drama Korea yang romantis . Tapi belum banyak yang tahu bahwa Korea punya penganan tradisional yang bikin lidah cenat-cenut keenakan . Ya,orang Korea sangat suka dengan makanan yang asam pedas. Bagi kebanyakan orang Korea,makan tanpa Kimchi bagai makan sayur tanpa garam. Apa sebenarnya Kimchi itu?

Kimchi adalah salah satu jenis acar sayuran seperti yang juga ada di negeri-negeri lain. kimchi mirip dengan sauerkraut dari Jerman,paocai dari Cina,tsukemono dari Jepang,atau achar dari India. Setiap jenis kimchi mempunyai cita rasa khas yang menimbulkan beraneka reaksi dari orang yang pertama kali mencicipinya. Orang yang tidak suka kimchi memprotes bahwa mereka tidak tahan dengan bau dan rasa yang tajam dari bawang putih dan cabai merah. nbamun penggemar kimchi justru menyukainya,dan mereka tidak pernah bosan menyantapnya.

Seraya orang Korea berupaya menambahkan bumbu pada si asam pedas ini, kimchi menjadi terkenal di seluruh dunia. Ribuan orang yang datang ke Olimpiade di Seoul pada tahun 1988 telah mencicipi kimchi. Alhasil di beberapa negara,sekarang kimchi mulai diterima di restoran siap saji sebagai lauk untuk makanan yang disantap di berbagai belahan dunia seperti hamburger,taco,sushi, dan hot dog.

Kimchi dibuat dengan cara sayuran diawetkan dengan garam. Kemudian bahannya dicampur dengan bumbu-bumbu. Tidak hanya bawang putih dan cabai merah yang menjadi bahannya. Banyak bahan lain,mulai dari bawang bombay,wortel,bawang prei,jahe,biji wijen,buah pir,tiram,ebi,chestnut,abalone,dan ganggang laut.

Kaya Vitamin dan Mineral

Ketenaran kimchi berkembang seiring dengan tuntutan mengkonsumsi makanan sehat. Sebelumnya nilai gizi kimchi diabaikan karena rasanya. Namun kimchi kini dipuji karena nilai gizinya. Sawi putih,lobak,dan cabai merah kaya vitamin A. Cabai merah bubuk sarat dengan vitamin C. Berbagai saus kentral dari makanan laut difermentasi yang ditambahkan ke dalam kimchi merupakan sumber protein dan asam amino yang baik. Tiram ,bahan makanan laut yang paling sering digunakan dalam kimchi,mengandung cukup banyak kalsium,besi,glikogen,dan vitamin.

Kimchi, suatu gayahidup

Harap diketahui bahwa kimchi adalah makanan pelengkap. Kimchi jarang dimakan begitu saja. kimchi harus disantap sebagai lauk makanan lain terutama nasi. rasa nasi yang hambar sangat pas bila dimakan dengan kimchi yang asam pedas.

Konon ada lebih 100 jenis kimchi. Rahasia membuat kimchi yang lezat diturunkan bangsa Korea dari ibu ke anak. Sekarang kimchi banyak di jual di toko-toko. Kimchi yang banyak beredar di toko-toko tersebut merupakan buatan pabrik.

Kimchi tak lekang dimakan waktu. Kimchi tidak hanya bertahan pada musim dingin yang panjang tetapi juga bertahan menghadapi gaya hidup yang berubah. Di abad modern bangsa Korea tetap mencintai dan menikmati kimchi.

Anda tertarik mencicipi kimchi ? Jangan menyerah karena aromanya yang asam. kemungkinan besar anda akan menyukai salah satu dari 100 jenis kimchi.

Cara membuat kimchi sawi putih

Bahan dasar :

  • 1,5 kg sawi putih
  • 2 sendok makan garam
  • 4 cangkir air dingin
  • 2 cangkir air panas yang baru mendidih

Bumbu :

  • 1 sendok makan bawang putih cincang
  • 1 sendok makan jahe segar iris
  • 1 sendok makan daun bawang iris
  • 2 sendok teh cabai kering iris
  • 2 sendok teh gula
  • 1 sendok makan garam

Cara buat :

Lepaskan daun sawi dari bonggolnya dan taburi garam. Tambahkan air dingin dan diamkan selama 8 jam atau lebih. Cuci bersih sawinya dan peras air yang tersisa. Masukkan air yang sangat panas ke dalam bumbu dan aduk sampai rata. Campurkan daun sawi. Pindahkan ke mangkuk kaca besar. Tutup dengan plastik dan biarkan di tempat yang dingi selama dua hari. lalu airnya dibuang dan sawinya dipotong kecil-kecil. Hasilnya adalah setengah kilogram kimchi sawi putih.

mix42097

“Ma-itkae duseyo !” (Selamat Makan!)

N.B : Thanx for Miss Soo for recipe


TAGS Health Yummi


-

Author

Follow Me