Perisai Pelindung Bumi

28 Mar 2011

Angkasa luar merupakan tempat berbahaya yang penuh dengan meteroid dan radiasi mematikan. Namun planet Bumi dapat melintasi angkasa raya tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Bumi bisa melintasi angkasa raya dengan aman karena diselubungi pelindung yang menakjubkan,yakni medan magnet bumi dan atmosfer.

MEDAN MAGNET BUMI

Medan magnet bumi berasal dari bagian dalam bumi dan medan magnet ini membentang hingga jauh ke luar angkasa. Medan magnet membentuk perisai tidak kasat mata yang disebut magnetosfer. Perisai ini melindungi kita dari dahsyatnya radiasi kismis dan bahaya-bahaya yang berasal dari Matahari. Bahaya ini mencakup angin Matahari (yang berupa aliran terus menerus partikel bermuatan listrik),ledakan Matahari (yang dalam beberapa menit dapat melepaskan energi setara dengan miliaran bom Hidrogen),dan pelontaran massa korona/Coronal Mass Ejections (yang melontarkan miliaran ton materi korona Matahari ke ruang angkasa). Ledakan Matahari dan pelontaran massa korona memicu timbulnya Aurora Borealis yang cemerlang di Bumi. Aurora Borealis adalah kilasan cahaya warna-warni yang sering terlihat di sekitar daerah kutub.

magneto

Picture taken fron : NASA (Magnetosphere)

ATMOSFER BUMI

Atmosfer Bumi memberikan perlindungan tambahan . Stratosfer(lapisan luar atmosfer) mengandung jenis oksigen yang disebut ozon,yang menyerap hingga 99% pancaran radiasi ultraviolet(UV). Jadi lapisan ozon melindungi mahkluk hidup di Bumi dari radiasi yang berbahaya.

Jumlah ozon di Stratosfer tidak selalu sama,tetapi dapat menyesuaikan diri dengan banyaknya radiasi UV,sehingga lapisan ozon menjadi perisai yang dinamis dan efisien.

Atmosfer juga melindungi Bumi dari serangan jutaan Meteroid setiap hari,baik partikel halus Meteroid hingga bongkahan besar Meteroid. Untunglah sebagian besar Meteroid terbakar habis di atmosfer,yang menimbulkan kilasan-kilasan cahaya terang yang disebut Meteor.

Uniknya,atmosfer sebagai perisai Bumi tidak menghalangi unsur radiasi Matahari yang mutlak diperlukan bagi mahkluk hidup,yaitu panas dan cahaya. Atmosfer bahkan turut menyebarkan panas ke seluruh bola Bumi,dan pada malam hari atmosfer berfungsi sebagai selimut,dengan cara memperlambat hilangnya panas.

Atmosfer Bumi dan medan magnet Bumi merupakan perisai pelindung Bumi yang mengagumkan.


TAGS SHARING Bumi Angkasa


-

Author

Follow Me