Gempita Semifinal Liga Champion Eropa 2011

26 Apr 2011

champion-trophi

Bangsa Inggris sedang bergairah,tak sabar menanti pesta akbar pernikahan agung Pangeran William,calon raja mereka dimasa depan. Pecinta sepakbola Inggris juga sama bergairahnya menanti pesta puncak kompetisi klub sepakbola benua Eropa di tanah air mereka. Tahun 2011 ini Inggris akan menjadi tempat pagelaran puncak Liga Champion tanggal 28 Mei nanti. Stadion Wembley akan menjadi saksi sejarah siapa klub terhebat di Benua Eropa tahun ini. Namun sebelum menuju partai puncak di Wembley,masih ada due seri pertandingan yang harus digelar untuk mendapatkan dua klub terbaik yang akan bertanding difinal.

SCHALKE 04 vs MANCHESTER UNITED

170px-schalke_04200px-manchester_united_fc_crestsvg

Orang Inggris bisa berharap pesta puncak Liga Champion Eropa nanti akan gegap gempita karena wakil Inggris juara disana. Liga Champion yang kini telah memasuki fase empat besar masih menyisakan wakil Inggris Manchester United. Pada babak semifinal,MU akan menghadapi Shalke 04,tim kejutan asal Jerman yang berjuluk The Royal Blues.

Tidak seperti Manchester United yang acapkali tampil di babak semifinal Liga Champion(4x dalam lima tahun terakhir),ini adalah debut Schalke 04 difase semifinal. Prestasi Schalke 04 diajang kompetisi klub Eropa sebenarnya cukup lumayan. Schalke 04 pernah meraih gelar juara UEFA Cup (kini bernama Europa League) pada tahun 1997. Saat itu Schalke 04 meraih gelar setelah mengalahkan klub raksasa Itali Inter Milan.

Prestasi Schlke saat ini bagai dua sisi yang berbeda. Di kompetisi lokal mereka gagal mencapai deretan teratas klasemen,sedang di kompetisi Eropa bis tembus hingga semifinal. Ini yang membuat manajemen klub Schlake 04 sampai memecat pelatih sekaliber Felix Magath dan menggantinya dengan Ralf Rangnick. Skuad Schalke sendiri bisa dikatakan mempunyai keseimbangan komposisi pemain. Dibawah mistar gawang bercokol salah satu kiper terbaik di dunia saat ini, Manuel Neuer. Neuer merupakan kiper muda bertalenta hebat yang juga kiper nomor 1 timnas jerman. Dibarisan pemain belakang bercokol pemain senior Jerman Christoph Metzelder. Dilini tengah bercokol gelandang bertenaga seperti Jefferso Farfan. Namun yang paling berpengaruh dalam kekuatan skuad Schalke adalah dengan keberadaan Raul Gonzalez dibarisan depan. Raul yang juga merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Champion berandil cukup besar dalam membawa Schalke 04 ke babak semifinal Liga Champion 2011. Sudah 5 gol yang Raul cetak di Liga Champion musim ini.

Manchester United dikomandoi arsitek lapangan hijau kawakan yang juga seorang bangsawan Inggris asal Skotlandia,Sir Alex Ferguson. Walau kini sudah berusia 70 tahun,Sir Alex masih tetap bergairah mengejar gelar bergengsi sepak bola bersama pasukannya. Karena kehebatan racikan strateginya,Sir Alex berhasil memadukan kematangan pemain senior seperti Edwin Van Der Sar,Rio Ferdinand,John O’Shea,Ryan Giggs,Paul Scholes,dengan pemain muda bertalenta hebat seperti Luis Nani,Wayne Rooney,Luis Valencia dan Javier Hernandez. Ditambah lagi dengan sokongan pemain berkarakter gigih seperti Berbatov,Vidic,Park Ji Sung,Evra,dan Carrick, MU cukup sukses menjalani musim ini .

Prediksi

  • Di leg pertama Schalke berpeluang menang dikandang, namun pada leg kedua MU akan menunjukkan kematangan bertarung di level atas kompetisi klub Eropa. Peluang –> MU 55 : Schalke 45

REAL MADRID vs BARCELONA

145px-logo_real_madridsvg200px-fcbsvg

Satu partai semifinal lainnya lebih menghebohkan jagad sepakbola. Dua klub raksasa asal Spanyol,Real Madrid dab Barcelona akan berduel. Sebelumnya dalam 2 perjumpaan terakhir mereka yang terjadi dalam seminggu terakhir,Real Madrid berhasil menang 1 - 0 dalam duel final Piala Raja Spanyol,sedang satu partai lainnya di Liga Spanyol hasilnya imbang 1 - 1 .

Duel bertajuk El Clasico ini sarat gengsi dan penuh rivalitas. Dikedua klub bercokol dua pelatih hebat, sang fenomenal Jose Mourinho dan arsitek jenius Josep Guardiola. Keduanya sudah pernah membawa timnya meraih gelar Liga Champion Eropa. Trophi gelar Mourinho sedikit lebih unggul,Mourinho berhasil membawa FC Porto dan Inter Milan merajai Eropa,sedang Guardiola baru sekali juara bersama Barcelona.

Kedua klub,baik Barcelona maupun Real Madrid dipenuhi oleh pemain-pemain sepakbola nomor wahid dunia. Di Barcelona terdapat pemain terbaik dunia Lionel Messi,gelandang terbaik dunia Xavi Hernandez,Andres Iniesta,pemain belakang legendaris yang juga kapten tim Carles Puyol,sayap lincah Dani Alves,kiper tangguh Valdes. Komposisi pemain Madrid tak jauh berbeda hebatnya,ada kiper legendaris Iker Casillas,bek-bek tangguh seperti Ricardo Carvalho,Pepe,Raul Albiol,Sergio Ramos dan Marcelo. Dibarisan tengah bercokol gelandang-gelandang tengah terbaik dunia seperti Cristiano Ronaldo,Kaka,Xabi Alonso.Angel di Maria,Mezut Ozil,Sami Khedira,dan Lassana Diarra. Ditambah dengan striker-triker berkualitas seperti Adebayor,Benzema,dan Higuain,kekuatan Real madrid amat menakutkan.

Prediksi

  • Kekuatan berimbang,akan terjadi partai ketat dan ‘panas’ seperti yang sudah-sudah. Namun Madrid akan merasakan hilangnya Khedira yang terkena belitan cedera. Peluang –> Barcelona 50: Real Madrid 50


TAGS my mind Liga CHAMPION 2010/2011


-

Author

Follow Me