Membuka Diri Saat Terasing dari Pergaulan

16 May 2011

Menjadi orang yang tidak masuk hitungan atau terasing dari pergaulan (istilah katanya ‘anak bawang’) bisa sangat menyusahkan hati. ‘Mungkin ada yang salah dengan diriku’, ‘Mengapa tak seorang pun mau bersahabat denganku ‘, beginilah seringnya ‘anak bawang’ berkata pada diri sendiri.

kesepian

Keinginan untuk menjadi bagian dari suatu kelompok dan diterima oleh kelompok adalah normal. Manusia sebagai mahkluk sosial perlu berinteraksi dengan orang lain. Jelas kita butuh orang lain,itu kodrat manusia. Itulah mengapa menyakitkan sekali bila kita tersisih dalam pergaulan.

Sangatlah mengecewakan apabila kita berkali-kali tidak diikutsertakan dalam kegiatan sebuah kelompok atau juga apabila kita dibuat merasa tidak cukup layak untuk memenuhi standar orang-orang yang ingin kita jadikan teman.

Seringkali ‘anak bawang’ merasa terasing di tengah keramaian. ‘Anak bawang’ tidak merasa akrab dengan seorang pun walau ia dikelilingi banyak orang. Tapi bukan hanya ‘anak bawang’ saja yang merasa tersisih,bahkan seseorang yang tampaknya disukai dan bahagia banyak teman,terkadang merasakan perasaan kesepian ( contoh: kehidupan Michael Jackson).

Jika kamu merasa kesepian dan hatimu remuk karena merasa tersisih,cobalah langkah-langkah berikut:

  • Berfokuslah pada kelebihan yang kamu miliki. Tanyai diri sendiri,apa kelebihanmu. Sewaktu kamu merasa tersisih,ingat-ingat kelebihanmu. Jadikan ini sebagai motivasi bahwa sebenarnya orang lain merasa kagum dengan kelebihanmu.
  • Bukalah dirimu lebar-lebar,berinisiatiflah menemui orang-orang dalam suatu kelompok. Memang hal ini tak mudah. Kita bisa merasa ciut sewaktu melihat orang berkelompok,tetapi kalau kita mendatangi sesorang dari mereka dan bilang ‘hai’,tahu-tahu kita sudah menjadi bagian dari kelompok itu.
  • Kita hendaknya menaruh perhatian,bukan hanya dengan minat kepada persoalan pribadimu saja,tetapi juga menaruh minat kepada pribadi orang lain. Lakukanlah sesuatu bagi orang yang membutuhkan.Kamu mungkin dapat menjalin persahabatan dengan cara demikian. Apabila kamu memikirkan orang lain dan berbuat sesuatu bagi mereka,tidak ada akan ada celah untuk merasa kesepian.
  • Bersikaplah positif. Ketimbang berkutat pada hal-hak negatif,berjuanglah untuk memiliki pandangan hidup yang positif. Ingatlah,walaupun kamu mungkin tidak sanggup mengendalikan setiap aspek kehidupanmu,kamu bisa mengendalikan cara kamu bereaksi terhadap sesuatu. Apabila kamu merasa tersisih,ambillah langkah-langkah positif untul mengubah keadaannya.

Tapi ingat,tidak semua orang dapat dijadikan teman. Bersikaplah selektif. Lebih baik memiliki sedikit teman sejati yang memperhatikanmu,daripada punya banyak teman dalam pergaulan tapi menjerumuskanmu dalam berbagai masalah.


TAGS Inspirasi untuk Indonesia It's My Life my mind Memajukan Bangsa. SHARING pergaulan Lifestyle


-

Author

Follow Me