Semprotan Wasit Sepakbola

15 Jul 2011

Copa America 2011 telah memasuki babak perempat final. Delapan tim berhasil lolos dari babak penyisihan yakni Kolombia,Brazil,Chile,Argentina,Venezuela,Uruguay,Peru,dan Paraguay. Delapan tim tadi akan bertanding d babak perempat final yang akan dilangsungkan mulai 17 Juni nanti. Beberapa nama pemain yang bertanding di Copa America 2011 seperti Neymar,Radamel Falcao,Alexis Sanchez,Lucas Barrios merupakan pesepakbola muda yang baru saja tenar di kancah sepakbola dunia. Tak mau kalah,wasit-wasit yang bertugas di Copa America 2011 juga membuat tenar perlengkapan yang dipakainya.

Peluit,jam tangan,koin,kartu merah,dan kartu kuning merupakan perlengkapan standar yang biasa dibawa wasit sepakbola saat memimpin pertandingan. Pada Copa America 2011 yang berlangsung di Argentina,wasit-wasit yang bertugas membawa semprotan yang mengeluarkan buih untuk kelengkapan memimpin pertandingan. Semprotan berbuih dibawa wasit bukan untuk menyemprot pemain-pemain bandel yang memprotes keputusan wasit. Semprotan berbuih ini dipakai untuk menandai jarak bola yang akan ditendang saat tendangan bebas dekat gawang,dan juga dipakai buat menandai pagar betis pemain saat menghadang tendangan bebas lawan.

Sebenarnya semprotan berbuih sudah digunakan wasit sepakbola sejak lama. Liga sepakbola Amerika Serikat MLS yang pertama kali memperkenalkan semprotan wasit. Tapi dalam kompetisi internasional,baru di ajang Copa America 2011 semprotan wasit digunakan. Tujuan FIFA membolehkan semprotan berbuih digunakan di kompetisi internasional adalah untuk menanggapi keluhan beberapa tim yang dirugikan akibat gawang mereka kebobolan akibat bola yang ditendang saat tendangan bebas, jaraknya sudah bergeser jauh dari tempat semestinya bola itu ditendang. Seperti kita ketahui,pesepakbola papan atas dunia macam Diego Forlan,Ryan Giggs,Cristiano Ronaldo,Lionel Messi.dll sangat ahli dalam melakukan eksekusi tendangan bebas dekat gawang.

1079398_full-lnd

Pertandingan sepakbola makin berwarna dengan pemakaian semprotan berbuih yang disemprotkan wasit ke rumput lapangan. Kita tunggu saja apakah semprotan berbuih yang mirip shaving foam(busa buat berukur) ini akan tetap digunakan di kompetisi FIFA lainnya.

Foto: FIFA


TAGS SHARING copa america 2011 wasit sepakbola


-

Author

Follow Me