Freddie Mercury&Matthew Bellamy - Vokalis Paling Jenius dari Tanah Inggris

8 Aug 2011

Dalam postingan saya yang berjudul 40 Vokalis Band Terbaik Sepanjang Masa part 1 & part 2, dengan yakin saya menempatkan nama Freddie Mercury dan Matthew Bellamy di deretan dua teratas. Tentu saja ada alasan yang membuat saya berani menempatkan dua vokalis band asal Inggris tersebut dijajaran teratas vokalis terbaik sepanjang masa. Kejeniusan mereka dalam menciptakan dan menyanyikan lagu merupakan salah satu alasan utama. Coba saja dengarkan lagu-lagu yang diciptakan Freddie Mercury seperti laguBohemian Rhapsody atau Love My Life,yang kental dengan unsur musik orkestra.Cara bernyanyi Freddie Mercury sangat dahsyat,seperti yang dideskripsikan oleh pengamat musik David Bret bahwa Freddy Mercurie mempunyai suara tenor yang tinggi menjangkau hingga empat oktaf ,mempunyai geraman(growl) yang halus,sempurna mencapai pitch suara yang tinggi. Matthew Bellamy juga jenius menciptakan lagu-lagu dengan memasukkan nada-nada yang sukar dimainkan seperti lagu Knights of Cydonia dan Hysteria. Lagu-lagu yang mereka ciptakan adalah lagu-lagu sepanjang masa yang akan terus diingat dalam sejarah musik,contohnya lagu ‘We Are The Champion’,'Bohemian Rhapsody’,'Starlight’,dan ‘Hysteria’. Alasan lain Freddie Mercury dan Matthew Bellamy berada di deretan teratas karena mereka juga sangat hebat memainkan berbagai alat musik. Bellamy selain menjadi vokalis band Muse,juga bermain gitar yang didesain oleh dia sendiri,sedangkan Freddy sangat piawai memainkan piano dan gitar akustik. Selain itu Freddie Mercury dan Matthew Bellamy merupakan sosok terpenting dalam band mereka. Berbagai penghargaan pribadi disematkan kepada kedua vokalis ini,Freddie Mercury masuk daftar urutan ke 18 penyanyi tebaik sepanjang masa versi Rolling Stone,sedangkan Bellamy masuk daftar urutan ke 14 Rock ‘N Roll Hero versi NME.

Inilah sedikit profil tentang Freddie Mercury dan Matthew Bellamy,vokalis paling jenius yang lahir dari tanah Inggris :

FREDDIE MERCURY(Queen)

freddyFreddie merupakan keturunan Persia,terlahir dengan nama Farrokh Bulsara pada 5 September 1946. Dia menghabiskan masa kecil dan remajanya di Mumbay,India.Disana dia bersekolah di sekolah internasional.Di Mumbay, Freddie mulai belajar main piano,dan bergabung dengan band pertamanya The Hectics. Tahun 1960an Freddie hijrah bersama keluarganya ke London dan kuliah di Ealing College of Art. Di kampusnya Freddie mulai bergaul dengan bsnysk musisi.Dia sempat menjadi vokalis grup Ibex.Akhirnya Freddie bertemu dan bersahabat dengan Roger Taylor,Brian May,dan John Deacon.Mereka pun membentuk band yang mereka namai QUEEN,dan pada Juni 1971 pertama kali QUEEN tampil di panggung. Tahun 1973,QUEEN membuat album pertama mereka.Di album ke 3 mereka yang berjudul ‘Sheer Heart Attack‘,QUEEN mulai mencuri perhatian pecinta musik dengan hits yang diciptakan Freddie berjudul ‘Killer Queen‘,yang berhasil masuk chart ke 2 di Inggris dan chart ke 14 di USA.

Pada album berikutnya ‘A Night at the Opera‘ yang diluncurkan pada November 1975,QUEEN menghentak dengan lagu-lagu legendaris yang diciptakan Freddie yakni ‘Bohemian Rhapsody‘ dan ‘Love of My Love‘.Saking hebatnya Album ‘A Night at the Opera’ ,album ini masuk album terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone,Kerrang!,NME,Classic Rock,dsb.Selain bakatnya sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu,Freddie juga seorang penampil yang hebat. Dia tahu bagaimana untuk menghibur penonton dan bagaimana berhubungan dengan mereka,aktif menjelajahi panggung, mendorong penggemar untuk bergabung dalam kegembiraan. Tapi ada sisi lain dari seorang Freddie Mercury yang jarang diketahui orang pada masa itu.Walau Freddie terlihat hebat dan flamboyan di panggung,sebenarnya Freddie seorang pemalu dan introvert di luar panggung.Freddie sangat jarang mau diwawancara.

Sepanjang 70an hingga akhir 80an,Freddie dan bandnya QUEEN merajai chart musik dunia dengan lagu-lagu mereka yang sensasional seperti ‘Somebody To Love’,'We Will Rock You’,'Radio Ga Ga’,'We Are The Champion’,'Bohemian Rhapsody’,dan ‘I Want To Break Free’,'Another One Bites in Dust’,'Under Pressure’

Berikut ini salah satu video penampilan live Freddie Mercury dengan vokalnya yang dahsyat bersama bandnya Queen:

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/2omuoO_hIbQ" width="255" height="250" wmode="transparent" /]


MATTHEW BELLAMY(Muse)

bellamy

Mathew Bellamy lahir pada 9 Juni 1978. Matthew menghabiskan masa kecilnya di Cambridge. Matthew mulai belajar main piano pada usia 6 tahun.Kebetulan ayah Matthew seorang mantan pemain gitar pada era 60an,jadi dalam darah Matthew sudah mengalir bakat bermusik. Pada pertengahan 1980,Matthew Bellamy ikut keluarganya pindah ke Teignmouth,Devon. Matthew membentuk band bersama teman-teman sekolahnya Christopher Wolstenholme danDominic Howard pada tahun 1994,dan menamai band mereka Rocket Baby Dolls. Setelah memenagkan sebuah kompetisi band,mereka makin serius bermusik dan sepakat mengubah nama band mereka MUSE. Mereka membuat album perdana berjudul ‘Showbiz’ pada tahun 1999 . Muse meraih perhatian pecinta musik dunia saat merilis album ke 3 ‘Absolution’ di tahun 2003(hal ini mengingatkan akan kesuksesan QUEEN yang melejit di album ke 3 mereka).Lagu-lagu dahsyat terkumpul di album ‘Absolution’ ini,seperti ‘Hysteria’,'Time is Running Out’,'Sing For Absolution’,'Stockholm Syndrome’. Album “Absolution’ berhasil mencapai chart 1 di Inggris dan Billboard,juga masuk daftar 50 album terbaik di abad 21 versi Kerrang!

Muse dikenal dengan aksi live yang dahsyat dan menggetarkan penontonnya.Bahkan mereka diklaim beberapa pengamat musik sebagai band dengan penampilan live terbaik di dunia. Matthew Bellamy sendiri tampil dengan permainan gitar yang ajaib,dengan sound-sound khusus menyayat yang keluar dari suara gitarnya .Salah satu gitar yang dia pakai adalah ‘Black Kaoss Manson‘,gitar dengan sistem MIDI. Vokal Bellamy begitu menggelegar dan jernih dalam tarikan nada falsetto di setiap konsernya.

Ini satu video penampilan live Matthew Bellamy yang dahsyat bersama bandnyaMuse:

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/j8WP7aOD_9Q" width="255" height="250" wmode="transparent" /]

N.B: Artikel ini dibuat berdasarkan pengamatan pribadi. Direncanakan seri artikel 40 Vokalis band terbaik sepanjang masa diupdate setiap Senin dan Jumat . Don’t Miss It !

ARTIKEL TERKAIT:




TAGS my mind my music vokalis terhebat sepanjang masa artis populer vokalis terbaik


-

Author

Follow Me