Kurt Cobain & John Lennon - Pemberontak Kontroversial yang Merevolusi Musik Dunia

12 Aug 2011

Pecinta sejati musik pasti tak ada yang tak kenal dengan Kurt Cobain dan John Lennon,dua sosok yang turut berjasa merevolusi musik dunia pada era 60an dan 90an. Saking fenomenalnya,Cobain dengan bandnya Nirvana dan Lennon dengan bandnya The Beatles dianggap telah mempopulerkan jenis musik baru yang dinamai Seattle Sound dan Liverpool Sound.

Saya pribadi sangat mengidolakan Cobain dan Lennon. Mereka berdua merupakan sosok-sosok yang berpengaruh besar buat wawasan musik saya. Pertama kali saya mengenal NIRVANA saat kelas 6 SD.Waktu itu teman sekelas saya Ozy yang mulai ‘meracuni’ saya dengan raungan dan hentakan Seattle Sound ala NIRVANA. Lagu-lagu pertama yang bisa saya mainkan dengan gitar pun lagu NIRVANA yang berjudul ‘About A Girl’ dan ‘Lithium’. Saya mengenal lagu-lagu THE BEATLES saat memasuki SMA. Waktu itu sering kali Achie dan Wima(teman satu ekskul musik di SMA) berduet melantunkan lagu Yesterdaydan ‘Let It Be’. Dan kebetulan juga lagulagu THE BEATLES yang berjudulDon’t Let Me Down’ adalah lagu yang pertama kali saya mainkan saat show pertama dengan band saya(Asembles) di PENSI SMA.

Bila kita mendengar lagu-lagu yang dinyanyikan Lennon dan Cobain,seolah kita diajak untuk bergoyang liar dengan ekspresi bebas. Lirik-lirik lagu yang mereka ciptakan pun sangat puitis dengan torehan kata-kata yang luar biasa,membuat kita merenung dan berpikir akan maksud lirik lagu-lagu mereka.Coba saja simak lirik lagu puitis karya Cobain seperti ‘Heart Shaped Box,’On A Plain’,'All Apologies’,atau lagu-lagu karya Lennon semisal ‘Strawberry Fields Forever’,'Lady Madonna’,'Hey Bulldog’

Sesuai dengan judul yang saya berikan pada tulisan ini,Lennon dan Cobain dengan segala kehebatannya dalam bermusik,akan selalu diingat akan sikap mereka yang kontroversial,baik di panggung maupun di luar panggung. John Lennon selalu menertawakan kepincangan-kepincangan norma sosial pada masa itu. Pernah suatu waktu THE BEATLES mendapat kehormatan bermain di hadapan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip pada perayaan tahuna Royal Variety di London tanggal 4 November 1963,saat itu John Lennon dengan entengnya berkata di hadapan para bangsawan yang menonton “Para hadirin yang duduk di kelas murahan sudilah bertepuk tangan,dan hadirin yang duduk di kelas mahal,gemerincingkanlah perhiasan anda!” Puncak dari sikap kontroversial Lennon terjadi pada tahun 1966.Saat itu Lennon memuji bandnya setinggi langit bahwa THE BEATLES lebih tenar daripada JESUS KRISTUS. Akibatnya The Beatles terkena masalah serius.Orang-orang mengutuk mereka dan membakar rekaman mereka,dan untuk beberapa lama ketenaran The Beatles merosot tajam. Manajer The Beatles Brian Epstein segera menyuruh Lennon minta maaf kepada publik.Sejak itu Lennon menyadari kekeliruannya.Ia kini tahu batas bagaimana bersikap dan berkata-kata.Tetapi sebagai pemberontak,Lennon masih saja memberontak.Pemberontakannya dituangkan dalam lagu dan musiknya,tidak dengan ceplas-ceplosnya.Barangkali karena Lennon tahu diri untuk bersikap,maka sejarah kebesaran THE BEATLES berjalan terus hingga saat mereka bubar. Kurt Cobain tak kalah kontroversialnya.Cobain salah satu pemusik paling merusak dalam setiap penampilannya.Entah sudah berapa banyak gitar dan sound system yang dihancurkannya saat manggung.Salah satu penampilan kontroversial Cobain bersama Nirvana yang akan selalu dikenang ialah saat Nirvana tampil di acara MTV Video Music Award 1992. Saat itu MTV meminta NIRVANA menampilkan lagu “Smells Like Teen Spirit”, sedangkan NIRVANA itu sendiri lebih suka memainkan lagu-lagu baru mereka “Rape Me” dan Tourettes”. Produser acara akhirnya menawarkan NIRVANA pilihan untuk memainkan lagu Smell Like Teen Spirit” atau Lithium”. Saat Nirvana mulai bermain di panggung MTV Video Music Award 1992, Kurt Cobain malah menyanyikan beberapa baris pertama dari lagu berlirik eksplisit Rape Me“,namun akhirnya Cobain melanjutkan penampilannya dengan lagu ‘Lithium’, hali ini sampai membuat produser eksekutif MTV keringat dingin,karena acara itu ditonton banyak orang lewat siaran nasional.

Tragisnya,berbagai hal kontroversial dari Cobain dan Lennon juga terjadi pada kematian mereka.Cobain mati diduga bunuh diri(atau dibunuh?) pada 5 April 1994,dan John Lennon tewas ditembak penggemarnya yang psycho Mark David chapman pada 8 Desember 1980.

Kurt Cobain (NIRVANA)

cobain

Kurt Donald Cobain lahir pada 20 Februari 1967, di Aberdeen, Washington. Tumbuh di sebuah kota kecil , Cobain menunjukkan minat pada seni dan musik.Dia jago dalam melukis bahkan bakatnya sudah terlihat sejak Cobain masih TK.Dia juga belajar bermain piano dan menikmati kiddie kit drum yang orang tuanya hadiahkan .Atas desakan ayahnya, Cobain juga bermain bisbol liga kecil. Namun saat Cobain berusia 9 tahun,kedua orang tuanya bercerai. Cobain tinggal bersama ayahnya setelah perceraian.Pada akhir pekan, ia akan mengunjungi ibunya dan adiknya.Ketika ayahnya menikah lagi, Cobain membenci ibu tirinya Jenny dan kedua anaknya.Salah satu titik terang dari masa sulit ini adalah hadiah yang ia terima dari pamannya Chuck, yaitu sebuah gitar.Hadiah dari pamannya itu membuat Cobain terus belajar bermain gitar dan itu sedikit membuat dia bahagia dari ketidakbahagiaan di rumah bersama ibu tirinya.Pada tahun 1982, Cobain meninggalkan ayahnya, Dia kemudian pergi untuk tinggal bersama ibu kandungnya.

Kehidupan Cobain berubah ketika ia mulai mendengarkan musik punk rock.Ia berteman dengan Buzz Osbourne, seorang anggota band punk lokal, Melvins.

Cobain menghabiskan tahun 1984 dan 1985 dengan hidup menggelandang ,tinggal di di berbagai tempat. Pada bulan Juli 1985, Cobain ditangkap karena mencorat-coret bangunan kota dengan beberapa teman-temannya.Teman-temannya lolos, tapi Cobain tertangkap dan dibawa ke kantor polisi.Dia kemudian menerima denda dan hukuman percobaan atas perbuatannya.Beberapa bulan kemudian, Cobain memulai membentuk band pertamanya FECAL MATTERS. Mereka merekam beberapa lagu bersama di rumah bibinya Mari, tetapi mereka tidak pernah memainkan satu pertunjukan.

Tahun berikutnya,Cobain bermasalah dengan hukum lagi setelah dinyatakan berkeliaran mabuk pada malam hari.Akibatnya, ia akhirnya menghabiskan beberapa hari di penjara.Cobain mulai bermain musik dengan bassist Krist Novoselic yang dua tahun lebih tua daripada dia. Seorang drumer lokal bernama Harun Burckhard segera bergabung masuk.Pertunjukan pertama mereka di sebuah pesta di tahun 1987. Di tahun yang sama, Cobain mulai berkencan dengan Tracy Marander, pacar pertamanya. Kedua akhirnya hidup bersama di Olympia.Meskipun mereka kekurangan finansial, pasangan ini menikmati gaya hidup rock n roll.Cobain menghabiskan banyak waktu dengan menulis lirik lagu, melukis, dan membuat kolase.

Pada tahun 1988, ambisi Cobain mejadi bintang rock mulai mendekatii kenyataan.D. Akhirnya Cobain memutuskan menamai bandnya menjadi NIRVANA Mereka membuat single pertama mereka, “Love Buzz“, yang dirilis oleh Sub Pop Record,label kecil independen.Pada saat ini, Burckhard keluar dan Chad Channing masuk menjadi pemain drum.Popularitas Nirvana di komunitas musik Seattle mulai tumbuh, dan mereka merilis album debut mereka, Bleach, pada tahun 1989.

Pada tahun 1990, Nirvana mendapat kesempatan untuk melakukan tur dengan Sonic Youth.Nirvana melalui beberapa perubahan internal pada saat itu.Teman mereka Dale Crover menjadi pemain drum.Sebelumnya ,Cobain dan Novoselic telah menendang keluar Channing.Setelah tur, Cobain dan Novoselic akhirnya merekrut Dave Grohl sebagai pemain drum Nirvana.

Meskipun anti-kemapanan, Nirvana bekerja sama dengan label besar di tahun 1991 ketika mereka menandatangani kontrak dengan Geffen Records.Pada tahun yang sama, mereka merilis Nevermind, album yang memelopori revolusi musik dunia. Musik mereka dinamai “grunge” karena suara permainan gitar yang keruh dan kasar.

Single “Smells Like Teen Spirit” menjadi super hits saat itu.Segera, Cobain disebut salah satu penulis lagu terbaik dari generasinya. Cobain mulai khawatir tentang bagaimana musiknya sedang diterima dan bagaimana untuk mendapatkan kembali kendali atas masa depan yang tampaknya tak terkendali.Dia mulai menggunakan heroin di awal 1990-an.

Sementara kehidupan pribadinya kacau, Cobain terus meraih sukses . Album In Utero yang dirilis pada bulan September 1993 sukses meraih puncak tangga album.

Inilah penampilan live yang menggetarkan dari Kurt Cobain dan bandnya NIRVANA(peringatan: hati-hati melihat video ini,bisa menyebabkan anda menghentakkan kepala dan badan tanpa henti :))

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/h2JgqF384cU" width="255" height="270" wmode="transparent" /]

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/YleoyKFfHaY" width="255" height="270" wmode="transparent" /]

John Lennon(The Beatles)

john_lennon_022

John Lennon dilahirkan pada 9 Oktober 1940. Saat usia 3 tahun,kedua orang tuanya bercerai. John dibesarkan oleh Mimi bibinya. Mimi mendidik John dengan disiplin keras tapi penuh kasih sayang.Di masa remajanya,John sering minggat mengunjungi ibunya.

John Lennon sangat menggemari musik rock n roll yang sedang tenar saat itu.Dia sangat mengagumi Elvis Presley,Billy Halley,dan Buddy Holly. Ibunya yang mengetahui kesukaaan John,membelikan gitar bekas dan mengajarkan nada-nada dasar kunci gitar. Usia 16,Lennon membentuk sebuah band bernama The Quarrymen. Berasama bandnya,Lennon sering tampil dalam pesta-pesta sekolahnya.Pada waktu itulah dia berkenalan dengan Paul McCartney.Mereka cepat sekali akrab dan coba-coba mengarang lagu.Kematian ibunya akibat kecelakaan lalu lintas sangat menekan jiwa Lennon.Dia jadi brutal,lagaknya ekstrim dan gampang tersinggung.Kelakuannya ini nyaris membuat Lennon depresi,namun fase berat ini dapat diatasi Lennon berkat bantuan Mimi. Setelah melalui fase berat,Lennon lebih menekuni jalur musik.The Quarrymen berubah nama jadi Silver Beatles kemudian berubah nama lagi jadi THE BEATLES. Pada 5 Oktober 1962 The Beatles merilis rekaman pertama mereka yang berisi 2 lagu Love Me Do’ dan ‘P.S.I Love You’.Kedua lagu tersebut sangat menonjolkan kesempurnaan bunyi-bunyian gitar rhytim dan vokal.Pada rekaman debut tersebut,Lennon-McCartney memulai membentuk simbol kolaborasi terbesar sepanjang jaman dalam dunia musik.Segera setelah itu gelombang Beatlemania melanda Inggris,Eropa,Negara-negara persemakmuran Inggris. Selesai merilis album ‘With The Beatles’,The Beatles mulai menjejakkan kaki ke Amerika Serikat.Di sebuah minggu malam Februari 1964,40 juta rakyat Amerika duduk menghadap televisi masing-masing menyaksikan “The Ed Sullivan Show’.Pertama muncul seorang pelawak,kemudian seorang penyanyi,setelah itu barulah muncul 4 pemuda Liverpool yang nampak biasa-biasa saja.Mereka sedikit nakal dan liar dalam penampilannya.Dengan gaya rambut poni yang khas,para pemuda ini memainkan musik yang sangat berbeda dengan musik di jaman itu,dengan lirik-lirik yang nyaris tak punya arti semisal ‘Yeah,Yeah..’ atau “oohs..’.Jutaan generasi muda di Amerika kemudian terserang wabah Beatlemania.

Pada 27 Agustus 1967 mendadak manajer The Beatles Brian Epstein meninggal dunia.sepeninggal Brian Epstein,The Beatles kian kurang akur karena ego personelnya.Secara tersamar bibit-bibit perpecahan dalam tubuh The Beatles sudah mulai tampak,apalagi setelah John Lennon menikahi Yoko Ono.Perpecahan yang samar akhirnya memuncak ketika Paul McCartney bermaksud mengambil alih jabatan Epstein sebagi manajer.John Lennon dan George Harrison menolak maksud Paul,sementara Ringo Starr bersikap diam.Akhirnya The Beatles pecah dan menyatkan diri bubar pada 10 April 1970.

Selepas bubar dari the Beatles,John Lennon terus bersolo karir.Bahkan beberapa lagu solonya seperti ‘Imagine’ dan ‘Gimme Some Truth’ menjadi lagu masterpiece yang terus dikenang orang.Jiwa pemberontak Lennon seolah menemukan pasangan sejiwanya bersama Yoko Ono. Pasangan ini banyak membuat sensasi.Mereka bikin jumpa pers di tempat tidur,ikut protes damai di jalan,dan berfoto bugil. Sebulan sebelum Lennon menghembusakan nafas terakhirnya,di merilis album ‘Double Fantasy’. Ironisnya beberapa jam sebelum ia ditembak,John Lennon sempat tertangkap kamera sedang melayani permintaan tanda tangan di cover album ‘Double Fantasy’ yang diminta oleh pembunuhnya Mark David Chapman.

Berikut ini video yang menampilkan suara John Lennon yang rock ‘n roll dalam lagu Don’t Let Me Down

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/qR-SlkUgCRg" width="255" height="270" wmode="transparent" /]

Baca Juga Artikel Terkait :


TAGS my mind musik hebat my music vokalis terhebat sepanjang masa vokalis terbaik kurt cobain john lennon


-

Author

Follow Me