Blogger Nusantara Pengobar Visi Blogpreneur Indonesia

9 Oct 2011

Siapapun yang melek internet bisa dengan mudah membuat sebuah blog.Seseorang cukup membuat sebuah username dan password,dan template di platform blog yang ia gunakan,maka orang itu telah membuat sebuah blog dan menjadi seorang blogger. Namun,agar menjadi blogger sejati tidaklah mudah.Diperlukan konsistensi untuk mengupdate artikel terbaru dalam blog,paling tidak secara rutin seorang blogger mengupdate artikel di blognya seminggu sekali ataupun sebulan sekali.

Pertumbuhan blog di Indonesia cukup pesat saat ini. Menurut data yang dilansir oleh direktori blog saling silang,saat ini ada sekitar 5 juta lebih blog di Indonesia.Eksistensi blogger kini juga telah diakui pemerintah Indonesia dengan ditetapkannya tanggal 27 Oktober sebagai hari Blogger Nasional saat penyelenggaran Pesta Blogger pertama tahun 2007.

Fenomena banyaknya jumlah blog di Indonesia tidak luput dari cibiran dan pertanyaan mengenai eksisitensi blog di masa depan.Beberapa pakar social media berpendapat bahwa blog akan padam keberadaannya dan akan tergusur digantikan oleh platform social media lain pada suatu waktu nanti.Sedangkan orang-orang yang skeptis terhadap blogger berpendapat bahwa blogger itu hanyalah orang yang kegiatannya membuang-buang waktu saja,blogger juga dianggap sebagai orang yang sok-sokan menyaingi media massa dalam menyebarkan dan mengolah informasi. Semua prediksi minus dan cibiran yang dialamatkan terhadap blogger inilah menjadi tantangan yang harus bisa dijawab blogger-blogger itu sendiri. Bila melihat fakta saat ini,dimana segelintir blogger di Indonesia lebih asyik beraktifitas online menggunakan jejaring sosial semacam twitter,juga melihat segelintir blogger yang membuat blog hanya sekedar untuk mengisi waktu luang semata,kelihatannya prediksi minus dan cibiran terhadap blogger tadi ada benarnya. Tapi bila kita ditunjukkan pada fakta bahwa ada banyak blogger,baik blogger senior yang telah lama ngeblog maupun blogger newbie,yang bisa sukses, bisa mandiri secara finansial melalui aktifitasnya di dunia blogging(dengan kata lain menjadi seorang blogpreneur),maka apa yang diprediksikan secara minus oleh beberapa pakar social media dan cibiran terhadap kegiatan blogging tidaklah tepat. Karena itu melalui artikel ini saya ingin menyampaikan pengalaman saya bertemu dengan beberapa blogpreneur,dan juga ingin menyampaikan opini saya tentang konsep Blogpreneurship Indonesia yang digaungkan Komunitas Blogger Nusantara

Jadi Blogpreneur,Bisa!

Saya mulai tertarik untuk membuat sebuah blog pada tahun 2007 silam.Saat itu saya sekedar iseng menulis puisi dan lirik-lirik lagu di blog jejaring sosial Friendster. Setahun berselang aktifitas ngeblog saya mengalami hiatus panjang.Suatu ketika saya membaca sebuah artikel majalah langganan adik perempuan saya. Saya membaca profil dua blogger yang sukses lewat aktifitas ngeblog,yaitu Cosa Aranda dan Nonadita. Dalam artikel majalah tadi diceritakan bagaimana Cosa Aranda bisa sukses menjadi jutawan melalui penghasilan Adsense yang ada di blognya.Sedangkan Nonadita bercerita di artikel majalah tersebut kisah tentang kemenangannya pada satu kontes blog yang diselenggarakan salah satu produsen software terkemuka,yang membuat ia diundang keliling Indonesia gratis untuk menjadi instruktur pelatihan blog. Saya tercengang,heran,sekaligus kagum membaca profil dua blogpreneur Indonesia yang hebat tersebut. Apa yang saya baca tentang dua blogger yang bisa sukses karena ngeblog menambah wawasan baru berpikir saya bahwa menjadi seorang blogger bukanlah aktifitas yang buang-buang waktu bila dilakukan secara konsisten,tekun,dan serius. Akhirnya saya bersemangat untuk kembali ngeblog. Saking bersemangatnya,saya membuat 3 blog baru di 3 platform yang berbeda. Saya mulai rajin blogwalking membaca artikel yang saya anggap menghibur,edukatif,dan inspiratif. Membaca artikel-artikel yang bagus saat blogwalking sangat membantu memperbaiki teknik menulis blog saya yang belepotan. Walaupun saya masih merasa kurang bagus dalam menulis artikel,saya memberanikan diri mengikuti berbagai kontes penulisan blog. Walaupun pada akhirnya artikel blog saya sering kalah,tapi saya banyak belajar dari artikel-artikel juara kontes-kontes blog tadi.

Beberapa bulan kemudian,sebagai seorang blogger saya mulai penasaran seperti apa sih mereka para blogger lain,apakah mereka orang-orang eksentrik,atau orang-orang introvert yang hobby menyendiri sambil menulis? Mulailah saya memberanikan diri bertemu dengan blogger-blogger lain atau istilahnya KOPDAR.Karena Kopdaran ,saya beruntung dan bahagia bisa bertemu dengan banyak blogger,yang ternyata sangat ramah dan rajin berbagi ilmu dan pengalaman bagus,termasuk berbagi ilmu ngeblog. Pada sebuah KOPDAR saya saya sempat terharu saat seorang blogger senior tersohor bisa mengenali saya karena salah satu artikel di blog ini. Dari perkenalan-perkenalan dengan blogger-blogger lainnya saat KOPDAR,saya mulai paham dengan apa yang dinamakan blogpreneur. Ya,beberapa blogger yang saya kenal secara offline banyak bercerita bagaimana mereka bisa hidup mandiri secara finansial melalui blog. Para blogpreneur ini ada yang benar-benar ngeblog full time,adapula yang ngeblog part time. Beberapa blogpreneur Indonesia yang pernah saya kenal secara offline diantaranya,

* Matahari Timoer (blog beliau; www.mataharitimoer.blogdetik.com & www.gurukehidupan-mt.blogspot.com,dll)

249564_2116677442274_1405865957_2538627_4986670_n

Selain seorang blogger,dia juga penulis buku(beberapa judul bukunya Jihad Terlarang,Guru Kehidupan,Jejak Wali Songo),juga seorang seniman,aktif juga mengurus sebuah Pesantren di Bogor.Blogger yang selalu berpenampilan sederhana ini pada suatu kesempatan pernah bercerita kepada saya. Pada suatu rapat penjurian kontes menulis blog yang diadakan sebuah instansi pemerintah dimana kang Matahari Timoer(MT) menjadi salah satu jurinya beliau ditanyai salah seorang juri wakil dari instansi pemerintah,”Kalau boleh Tahu Bapak Matahari Timoer ini pekerjaannya apa?’ Dengan yakin kang MT menjawab,”Saya seorang Blogger !” Juri instansi pemerintah tadi heran dan kembali bertanya,”Bagaimana caranya pak MT bisa mendapat penghasilan dengan menjadi seorang blogger?” Kang MT lalu menjawab,”Melalui aktifitas blogging saya bisa membuat buku,E-book,juga karena saya seorang blogger saya diundang jadi juri kontes blog ini.Apapun pekerjaan kita,juga blogger,bila tekun dijalani,selalu ada saja rejeki yang datang menghampiri pekerjaan itu” Juri instansi itu lalu berkata sambil menyalam kang MT,”Saya kagum dengan anda,saya baru tahu ada pekerjaan bernama blogger.Semoga anda terus sukses dengan karya blog anda!”

*Rawi Wahyudiono(blog beliau; www.prakom.com & www.rawiwahyudiono.com)

261265_2132033628368_1471837623_32468701_393398_n

Saya berkenalan dengan beliau pada satu acara outbond yang diselenggarakan sebuah media portal,yang pesertanya blogger-blogger pecinta lingkungan hidup. Pada sebuah perbincangan ringan antara saya dan Bang Rawi,beliau berkisah pengalamannya sebagai seorang blogger dan juga sebagai entrepreneur.Bang Rawi biasa berusaha secara online melalui sebuah blog. Bang Rawi juga rajin mengajarkan ilmu-ilmu entrepreneurship lewat blognya. Blogger yang pernah memenangkan kontes menulis blog yang diadakan Pesta Blogger ini ,juga aktif di Komunitas Entrepreneur Blogger Tangan Di Atas(TDA)

* Dessy Roshinta(blog beliau; www.livingdaisy.blogspot.com)

226086_10150190826848433_807293432_6824797_8045879_n

Mbak Dessy seorang blogger yang berprestasi mengagumkan.Sering kali dia memenangkan kontes blog bergengsi berskala nasional,salah satunya kontes blog Pekan Raya Jakarta(PRJ) 2011. Blogger yang juga seorang ibu rumah tangga ini aktif berjualan secara online. Mbak Dessy juga sering mendapatkan penghasilan dari hasil menulis review produk-produk terkenal di blognya.

* Leonita Julian(blog beliau; www.leonisecret.com)

205071_100609899949937_100000027825993_13815_2295894_n

Bila kita membaca blognya yang tersirat disana pastilah sosok Leoni yang punya rasa percaya dri tinggi. Mbak Leoni secara yakin pernah menulis di blognya,”I have a dream,I’ll make it Real,Ngeblog Aja!” Mbak Leoni membuat blog bukan karena iseng,tapi untuk mencurahkan impian dan passionnya melalui tulisan,sekaligus mewujudkannya.Berkat tekad dan pergaulan yang luwes,kini Leoni berhasil menjadi blogpreneur yang sukses. Leoni sering diundang menjadi pembicara pada acara-acara tentang Personal Branding.Leoni juga kerap diundang untuk menuliskan review produk-produk bergengsi di dalam blognya. Pada sebuah acara workshop entrepreneur kreatif dengan pembicara Yoris Sebastian,kebetulan saya duduk berdekatan dengan Mbak Leoni dan saya berkenalan dengannya. Saya yang telah membaca dan mengagumi tulisan Mbak Leoni spontan bertanya,”Mbak Leoni sudah lama ya ngeblog? jujur saja tulisannya dahsyat!” Leoni sambil tersenyum menjawab,”Hohoho…saya malah jadi bingung sendiri.Benarkah tulisan di blog saya bagus? Memang sudah banyak yang bertanya hal ini..padahal saya juga baru kok ngeblog,saya blogger newbie,baru setahunan lebih ngeblog” Saya cuma mengangguk sambil berkata dalam hati,”Wew,baru setahun ngeblog saja sudah tersohor,gokil!”

Baru beberapa blogpreneur sukses yang saya ceritakan tadi.Ada banyak blogpreneur-blogpreneur sukses lain yang saya tahu secara online,misalnya Wijaya Kusumah(akrab dipanggil Oom Jay,seorang blogger dan juga seorang guru yang sering diundang keliling Nusantara menjadi pembicara tentang dunia internet dan tulis-menulis),Jonru Ginting(blogpreneursukses yang aktif menjadi penulis full time),Raditya Dika(blogger yang sukses jadi penulis buku,kini dia menjadi pembawa acara di TV dan juga direktur salah satu penerbit ternama)

Saya sendiri sadar masih jauh dari label seorang blogpreneur. Walau begitu saya sudah bisa menghasilkan pendapatan dari aktifitas ngeblog. Saya pernah mendapat recehan dollar dari hasil menulis review pada advertiser luar negeri. Salah satu penghasilan terbesar yang pernah saya dapatkan berasal dari menulis review produk dalam negeri yang diperantarai oleh Idblognetwork. Karena saya seorang blogger,saya juga pernah dipercayai salah satu instansi membuat dan mengisi artikel website acara Festival Seni Budaya Daerah Sumatera. Saya sangat bersyukur karena melalui hobby saya menulis di blog,saya bisa dapat penghasilan tambahan.

Blogger Nusantara Penggaung Visi Blogpreneur Indonesia

54logo-bn-2011Blogger Nusantara akan mengadakan event besar yang dinamai ‘Kopdar 1000 Blogger’ pada 28-30 Oktober 2011 di Sidoarjo.Salah satu misi acara ‘Kopdar 1000 Blogger’ Blogger Nusantara ini adalah menumbuhkan semangat Blogpreneur kepada semua blogger di Indonesia.

Saya mengetahui tentang Blogger Nusantara sekitar tiga bulan silam melalui artikel blog yang ditulis Eyang Anjari. Dari artikel tadi saya mengetahui dan spontan mendukung ide berkumpulnya 1000 blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang dicetuskna Gempur Abdul Ghofur. Yang membuat saya mendukung gerakan Kopdar 1000 blogger yang bernaung dalam paguyuban Blogger Nusantara adalah semangat persaudaraan yang positif antar sesama blogger tanpa melihat perbedaan asal daerah,asal komunitas,dan juga platform blog. Semangat persaudaraan antar sesama blogger lintas daerah,lintas komunitas,dan lintas platform memang perlu intens dilaksanakan untuk mempererat hubungan baik antar sesama blogger di Indonesia,yang pada akhirnya akan menjadi salah satu unsur pemersatu bangsa Indonesia.

Saya pernah merasakan betapa hangatnya suasana bila blogger lintas daerah,lintas komunitas,dan lintas platform bertemu.Ini saya alami sewaktu menjadi salah satu panitia acara Blogger Community Sharing menyambut hari jadi DBLOGGER(Detik Blogger Communty) yang ke 2 pada 23 Januari 2011 lalu.Walau menempuh perjalanan panjang dan dengan biaya sendiri,mereka blogger-blogger dari Samarinda,Surabaya,Gresik,Magelang,Semarang,Bandung,Makassar,Banten,Sukabumi,Bogor,Bekasi,dan Depok yang berasal dari berbagai komunitas blogger,dengan bersemangat menghadiri acara Blogger Communty Sharing. Pertemuan blogger yang berasal dari berbagai daerah dan komunitas ini banyak menghasilkan pemikiran positif demi kemajuan bangsa Indonesia.

peserta-blogger

Suasana Acara Blogger Community Sharing

blogger

Ramainya Blogger di acara Blogger Community Sharing

panitia-bloggereaction

Tim Panitia Blogger Community Sharing 2011

KOPDAR akbar blogger yang diadakan Blogger Nusantara niscaya bisa lebih banyak mengumpulkan blogger-blogger di seantero Nusantara. Visi Blogpreneur Indonesia yang digaungkan Blogger Nusantara kelak akan menumbuhkan semangat blogger untuk maju berkembang melalui penghasilan lewat blog. Semangat IDBLOGNETWORK dalam mendukung acara ‘Kopdar 1000 Blogger’ Blogger Nusantara juga patut diacungi jempol. Saya yang juga seorang anggota IDBLOGNETWORK,tahu persis IDBLOGNETWORK merupakan mitra handal terpercaya dalam menghubungkan blogger dengan advertiser,yang pada akhirnya bisa memberikan penghasilan yang layak kepada blogger di Indonesia. Blogger Nusantara patut berbangga hati karena selama ini IDBLOGNETWORK hanya mau bekerja sama dengan blogger-blogger berkualitas dan bermartabat.

Saya juga sangat mendukung Blogger Nusantara yang telah membuat Koordinator Wilayah,dengan maksud KORWIL-KORWIL tadi dapat meneruskan semangat Blogpreneur di Indonesia seusai acara ‘Kopdar 1000 Blogger’,dengan cara melakukan pelatihan blogpreneur kepada masyarakat yang dimentori oleh blogger-blogger yang kompeten.


Sedikit sumbang saran dari saya buat Blogger Nusantara adalah kiranya kita para blogger bisa memikirkan bersama-sama mencari solusi membantu mengajarkan blog kepada orang-orang di pelosok daerah yang jauh dari akses internet.

Semoga jalinan persahabatan blogger lintas daerah,lintas komunitas,dan lintas platform di Indonesia seusai gelaran ‘Kopdar 1000 Blogger’ Blogger Nusantara di Sidoarjo,bisa langgeng dan mesra,dan akan ada lagi gelaran ‘Kopdar 1000 Blogger’ di masa mendatang.

JAYALAH BLOGGER NUSANTARA,BANGKITLAH BLOGPRENEUR INDONESIA !!


TAGS Inspirasi untuk Indonesia BLOGGER NUSANTARA BLOGPRENEUR INDONESIA KOMUNITAS BLOGGER NUSANTARA


-

Author

Follow Me