ON OFF’11 IMO-IMO

5 Dec 2011

logo on off 2011

Judul artikel ini dipenuhi singkatan-singkatan kata,sesuai dengan nama event ini- ON OFF - yang juga sebuah singkatan kata. Pasti orang -orang yang tidak datang ke acara ON OFF akan bertanya-tanya,ini acara apa sih? Cerita saat saya menghadiri acara ini bisa akan menjelaskan apa itu ON OFF 2011.

ON OFF 2011- IDEAS MEET OPPORTUNITIES (IMO)

Acara ON OFF 2011 merupakan rebranding acara Pesta Blogger. Pesta Blogger adalah ajang kopdar bagi para blogger dimana blogger bisa saling berkenalan lebih akrab dan juga saling bertukar ide demi kemajuan ranah blogging dan online di Indonesia. Setelah berlangsung selama 4 tahun dari tahun 2007 hingga tahun 2010,pemrakarsa Pesta Blogger sepakat untuk membawa peserta Pesta Blogger bersinergi dengan korporat. Karena itu nama Pesta Blogger diubah menjadi ON OFF di tahun 2011 ini. ON OFF itu sendiri merupakan singkatan dari ONline OFFline. Sesuai dengan visi dan misi penyelenggara ON OFF 2011 membawa semua yang aktif di ranah online bertemu secara offline di ajang temu nasional onliners dan untuk mempertemukan ide-ide yang mereka miliki dengan berbagai kesempatan yang diberikan oleh dunia korporat,maka tagline acara ON OFF 2011 yaitu IDEAS MEET OPPORTUNITIES(IMO). Acara ON OFF 2011 ini berlangsung pada 3 Desember lalu di Epicentrum Walk Jakarta.

ON OFF 2011 - I Meet Others (IMO)

Saya hadir di acara ON OFF 2011 karena saya seorang blogger. Kebetulan pula komunitas yang mempercayakan saya sebagai ketuanya-DBLOGGER COMMUNITY(Social Creative Community)- pada gelaran ON OFF 2011 diundang membuka booth untuk mempresentasikan kepada pengunjung kegiatan-kegiatan yang dilakukan DBLOGGER COMMUNITY.

385805_319330414761927_100000549141526_1210124_1403571929_n

Komunitas DBLOGGER  ngumpul di booth ON OFF 2011

Komunitas DBLOGGER ngumpul di booth ON OFF 2011

Karena saya harus mempersiapkan isi booth dan juga mempresentasikan komunitas saya di booth ,sepanjang jalannya acara ON OFF 2011 saya tidak terlalu mengikuti acara di panggung utama,hanya sedikit menyimak apa yang disampaikan Aulia Halimatussadiah (Chair Woman ON OFF 2011) dan Anis Baswedan(tokoh pendidikan di Indonesia).

Mbak Aulia(Chairwoman ON OFF 2011), courtessy:detik-inet pics

Mbak Aulia(Chairwoman ON OFF 2011), courtessy:detik-inet pics

Saya juga berkeliling mengunjungi booth lain untuk tahu lebih jauh kegiatan korporate dan komunitas lainnya,dan juga membagikan informasi tentang komunitas DBLOGGER kepada mereka. Booth pertama yang saya kunjungi yakni booth penyandang disabilitas yang tergabung dalam komunitas KARTUNET(Karya Tuna Netra). Saya sangat terharu dan terinspirasi akan semangat mereka untuk aktif berkarya walau mempunyai kendala keterbatasan fisik.

Booth KARTUNET ,courtessy:@traveljunkieID pics

Booth KARTUNET ,courtessy:@traveljunkieID pics

Saya juga mengunjungi booth komunitas Seruit,KBBC,TuitTwit,Blogor,Dot Semarang,Blogger Bekasi,Qwords Blogger,Internet Sehat,Piknik Asik,dan IMO Jakarta Post.Karena mengunjungi booth mereka,saya mendapat wawasan baru dari kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan komunitas dan korporat. Salah satu yang paling menarik perhatian saya yakni booth Komunitas Blogger Benteng Cisadane(KBBC).KBBC membawa hasil kreasi mereka yang fantastis,sebuah topi bambu raksasa berdiameter 2 meter,dan topi bambu raksasa ini berhasil juga masuk MURI.

Topi Bambu Raksasa Kreasi Komunitas Blogger Benteng Cisadane

Topi Bambu Raksasa Kreasi Komunitas Blogger Benteng Cisadane

ON OFF 2011 - In My Opinion (IMO)

Menurut pandangan pribadi saya,acara ON OFF berjalan meriah dengan kehadiran komunitas layang-layang,komunitas pecinta fiksi,komunitas VOA,komunitas traveler,fashion show,dan juga performance stand up comedian dan musik akustik. Namun tak bisa dipungkiri,menurut pengamatan saya peserta acara ON OFF 2011 sedikit berkurang dibanding pengunjung Pesta Blogger+ 2010. Ada kemungkinan berkurangnya peserta disebabkan perubahan nama event Pesta Blogger menjadi ON OFF,karena komunitas-komunitas blogger maupun personal blogger akan lebih loyal dan antusias untuk mendatangi acara-acara yang ada unsur kata ‘blogger’.

Dan juga dari 17 sesi Break Out Session(yang merupakan sesi workshop di satu ruangan kelas),di acara ON OFF 2011,saya hanya melihat hanya ada satu komunitas blogger yakni komunitas Blogger ASEAN yang mendapatkan tempat buat Break Out Session. Padahal pada Pesta Blogger+ 2010 lalu,masih banyak komunitas blogger yang mendapat kesempatan Break Out Session,antara lain BLOGOR,ANGING MAMMIRI,BLOGDETIK.

Sedikit saran dari saya buat panitia ON OFF mengenai kebersihan selama acara,pada event tahun depan harus disediakan banyak tempat sampah di tempat yang terjangkau. Pada penyelenggaraan ON OFF 2011 ini masih banyak botol-botol bekas minum ataupun kertas-kertas brosur bertebaran di lantai dikarenakan pengunjung sulit untuk menemukan tempat sampah di seputar lokasi acara.

Karena Break Out Session dilakukan bersamaan secara terpisah,ada baiknya pada setiap kelas Break Out Session direkam videonya, lalu dibagikan melalui website ON OFF,agar sesi ini bisa dilihat dengan lengkap oleh peserta ataupun juga bisa dilihat orang yang tidak hadir dalam acara.

Semoga gelaran ON OFF tahun ini bisa berdampak positif buat hubungan komunitas online dengan korporat sesuai visi penyelenggara. Semoga juga acara ON OFF akan diadakan lagi pada tahun 2012 dengan peserta yang lebih banyak.

Photo Credit: Courtessy Ari Fabian&Jay Pics


TAGS Inspirasi untuk Indonesia my mind Memajukan Bangsa. SHARING dbloggereaction ON OFF 2011 Indonesia Kreatif


-

Author

Follow Me