Semangat Tanpa Batas - South to South Film Festival 2012

10 Feb 2012

StoS Film Festival Logo

Dengan menonton film,masyarakat dapat melihat secara nyata apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat pada kurun waktu tertentu. Melalui film kita tidak hanya dapat melihat gaya bahasa atau mode pakaian masyarakat, tapi juga dapat menyimak bagaimana pola pikir dan dinamika sosial masyarakat pada era tertentu.

Pada tahun 2006,beberapa pelaku film yang peduli dengan isu-isu lingkungan hidup dari prespektif sosial, politik, ekonomi dan budaya, menggelar festival film yang dinamai South to South(StoS) Film Festival. StoS Film Festival mengedepankan isu ketimpangan antara negara-negara Selatan yang sering dieksploitasi negara- negara “Utara”. Negara-negara”Selatan”, yang pada umumnya masuk jajaran negara ‘dunia ketiga’, , dikenal sebagai negara yang kaya dengan keanekaragaman hayati, tetapi paling sering tereksploitasi guna memenuhi konsumsi masyarakat yang ada di negara-negara Utara. Ketimpangan dan eksploitasi kehidupan Selatan oleh Utara sesungguhnya juga terjadi dalam bentuk hubungan ketimpangan Desa dan Kota, yang kadang tidak pernah disadari oleh masyarakat urban di perkotaan.

StoS Film Festival digelar setiap dua tahun sekali. StoS Festival Film bukan hanya event hiburan semata, tapi memberikan edukasi kepada publik agar semakin peduli terhadap kelestarian bumi.

Tahun 2012,StoS Film Festival kembali akan digelar dari tanggal 22 hingga 26 Februari 2012 . Tahun ini StoS Film Festival mengusung tema ‘Semangat Tanpa Batas’ Penyelenggaraan StoS Film Festival diadakan di 3 tempat,yakni di Kineforum Taman Ismail Marzuki ,Goethe Institut ,dan di IFI Salemba. Dari 85 film yang mendaftar di StoS Film Festival,ada 13 film pendek dokumenter dan 7 film pendek fiksi yang lolos ke putaran final StoS Film Festival 2012:

Kategori Film Pendek Fiksi

  1. Kado Suketi
  2. Kalung Sepatu
  3. Sarung
  4. Layar Kacau
  5. Boim
  6. Jakarta 2012
  7. Gamelan Noise

Kategori Film Pendek Dokumenter

  1. Sop Buntut
  2. Rumah Multatuli
  3. X(kali)
  4. Dari kolong Ibukota
  5. Mata Buruh
  6. Trima hidup apa adanya
  7. Demi goresan kapur
  8. Donor ASI
  9. Kereta Cinta (The Cleaning Service)
  10. Buruh Tukang Becak
  11. Presiden Republik Abu-Abu
  12. Surat Cinta buat sang Prada
  13. Yang tak ingin terbenam

Di Stos Film Festival,selain kita bisa menonton film-film berkualitas secara gratis,kita juga bisa mengikuti diskusi dan melihat aksi panggung para public figure yang aktif dalam isu-isu lingkungan dan perubahan iklim. Tahun 2006 legenda musik Indonesia Iwan Fals ikut memeriahkan StoS,tahun 2008 Tika, Cozy Street Corner, dan Seven Soul hadir di StoS,dan tahun 2010 dua personel band Padi,Fadly dan Rindra mengkampanyekan isu perubahan iklim di StoS Film Festival. Tahun 2012,rencananya Melanie Subono akan hadir di StoS Fim Festival.

Makanya jangan sampai ‘gak hadir di event StoS Film Festival yang keren ini ya… Tanggal 22 hingga 26 Februari 2012 ,diKineforum Taman Ismail Marzuki ,Goethe Institut ,dan di IFI Salemba.

*referensi: www.stosfest.org



TAGS South of South Film Festival 2012 Semangat Tanpa Batas Festifal Film Indonesia 2012 terkeren


-

Author

Follow Me