Optimalisasi Media Sosial dalam Wirausaha

15 Apr 2012

Media sosial(sering juga disebut sebagai SocMed) semakin berkembang,dengan penggunanya hingga ratusan juta orang. Media sosial yang dulu paling digemari adalah Friendster dan My Space.Media Sosial yang kini digemari adalah Facebook, Twitter,You Tube,Blog, Google+,dan Pinterest .

Banyak manfaat yang diperoleh dari media sosial tersebut. Selain menemukan kembali teman lama, ajang bersosialisasi, belakangan fungsinya pun bertambah. Tak sedikit orang yang memanfaatkan jasa media sosial untuk mengembangkan usaha/bisnisnya.

Kelebihan lain dari memanfatkan media sosial dalam berusaha adalah adalah mendapatkan feedback dan komunikasi yang cepat dan murah kepada pelanggan usaha. Pada era teknologi ini, internet merupakan salah satu media komunikasi yang dapat dikatakan sangat murah,internet bisa diakses secara mobile. Pelanggan atau partner usaha kita akan lebih memilih teknologi ini sebagai salah satu media komunikasinya.Mengapa demikian? Karena komunikasi tanpa batas di internet akan memberikan nilai tambah terutama dalam upaya untuk menekan biaya komunikasi. Bisa kita bayangkan jika komunikasi antar negara memakai telepon atau fax. Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan sebuah untuk hal ini? Bagaimana jika kita bandingkan dengan menggunakan teknologi internet? Pasti akan sangat jauh berbeda. Dengan aktif melalui media sosial dalam berwirausaha , kita akan mendapatkan feedback dan komunikasi yang cepat dan murah dari pelanggan dan partner usaha.

3451b7eadf04860e7bd1cdcf0f76491d_ser-horz

Membangun hubungan dalam bisnis sangatlah penting untuk tetap mempertahankan usaha kita di persaingan pasar yang begitu besar. Tak ayal orang berbondong-bondong menggunakan segala cara untuk bisa memaksimalkan bisnis mereka untuk bisa lebih dikenal orang.Facebook,Twitter,dan blog merupakan salah suatu media yang paling banyak dipilih dalam mengembangkan wirausaha, selain karena penggunaannya yang cukup mudah, Facebook,Twitter,dan blog menjadi salah satu primadona sosial media yang dipakai banyak orang di Indonesia. Kurang lebih ada 42,5 juta pengguna Facebook(data socialbakers.com per Maret 2012),19,5 juta akun Twitter,dan 5 juta blog yang berasal dari Indonesia

Optimalisasi Blog/Website/Online Store dalam Kewirausahaan

Komunikasi antara wirausahawan dan pelanggan adalah suatu proses penting yang dilakukan oleh wirausahawan guna untuk mempertahankan pelanggan yang dimiliki. Salah satu contoh media yang dapat digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya adalah website/blog/online store. Website yang interaktif dapat difungsikan sebagai media komunikasi langsung dengan pengunjung. Dengan adanya website/blog kita dapat meng-komunikasikan informasi usaha kita pada masyarakat luas. Dengan adanya interaksi atau komunikasi ini, wirausahawan dapat melanjutkan hubungan dengan visitor, pelanggan, atau calon pelanggan potensial perusahaan baik secara periodik maupun terus-menerus. Dengan cara ini, akan lebih mudah mempelajari tingkah laku pelanggan atau calon pelanggan potensial usaha kita, sehingga dapat membantu menentukan kebijakan yang tepat untuk mengembangkan usaha kita. Salah satu contoh dari wirausaha yang optimal menggunakan blog dalam memperkenalkan produknya adalah Sotoji. Sotoji yang merupakan produk makanan instan industri rumah tangga,beberapa waktu lalu mengirim sampel produk mereka kepada ratusan blogger,dan mengajak para blogger untuk mereview dan mengkritik kekurangan dari produk Sotoji. Terbukti dengan komunikasi yang akrab dengan calon pelanggan potensial,produk Sotoji kini cukup dikenal dipasaran makanan instan.

Optimalisasi Facebook dan Twitter dalam Kewirausahaan

Facebook sudah menjadi sarana sharing dan komunikasi paling populer di internet,hampir semua pengguna internet di dunia merupakan pengguna jejaring sosial ini. Kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan Facebook sebagai media sosial yang menjembatani interaksi melalui fitur-fiturnya seperti fan page dan group merangsang para pengguna Facebook untuk berkelompok.Orang dengan jujurnya meng-update apa yang dirasakan, dilihat, dan dilakukan melalui jejaring sosial ini tanpa merasa sungkan guna mengaktualisasikan dirinya. Groups yang terbentuk dan fan page yang terdapat di Facebook bisa dimanfaatkan untuk menganalisa kegelisahan dan impian mereka. Wirausahawan bisa mencari tahu keinginan para facebooker guna melejitkan penjualan produk.Salah satu rekan saya yang optimal menjual melalui facebook yakni mbak Tem Tem dengan akunnya Tem Tem Shop.

Twitter saat ini sedang booming.Maka seorang wirausahawan perlu segera untuk menggunakan Twitter untuk mendukung usahanya. Wirausahawan harus menggunakan twitter sebagai sarana mempromosikan produk dengan baik, benar, dan jujur. Berikan beberapa tambahan yang sekiranya dapat membantu orang-orang untuk mencari informasi atau pun petunjuk pada apa pun yang berkaitan dengan produk yang dijual.Misalnya, berikan fakta-fakta yang menarik dari produk yang dijual, atau pun tips-tips yang berguna bagi para pengguna, niscaya banyak orang akan tertarik pada Twitter anda dan bukan tidak mungkin akan menjadi followers anda. Yah, Twitter anda tidaklah berguna tanpa ada followers. Inilah target wirausahawan dalam menggunakan Twitter, carilah followers sebanyak-banyaknya.Setelah mereka mem”follow” akun twitter anda,usahakan juga anda juga mem-follow mereka.Sesekali berinteraksi dengan follower anda dengan memberikan kuis, ataupun informasi menarik, jika mereka merespon, respon balik sehingga muncul hubungan dua arah, hal ini akan menambah minat dari para followers pada produk yang dijual.

Media sosial memang sudah tidak bisa dihindari lagi menjadi bagian gaya hidup masyarakat masa kini. Media sosial sudah merambah ke berbagai golongan, dan fakta ini merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan dalam berwirausaha. Kuncinya adalah mengenal dengan baik media ini, agar wirausahawan bisa menjaring calon konsumen potensial melalu media sosial.


TAGS social media Indonesia Kreatif Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pengembangan Wirausaha


-

Author

Follow Me