Renjana

25 Apr 2012

Cerita ini adalah kelanjutan dari cerita ‘Jobapara’ yang dituliskan oleh saudara @wkf2010 ,yang merupakan bagian dari cerita berseri #3Penguasa grup 8.Kisah ‘Renjana’ ini akan mencapai klimaks di seri terakhir yang akan dituliskan oleh saudari @utamiutar.

Penggalan cerita sebelumnya:

Ku percepat langkahku menuju Kopi Nian Euy Cafe yang berada di lantai tiga berseberangan dengan Cinema XXXI. Aku janji ketemu dengannya pukul 12 di kafe tersebut. Jam tangan di lengan kiriku menunjukkan pukul 11.15 WIB. Masih cukup waktu untuk ke toilet dahulu bila perlu. Satu meja dengan tiga kursi yang berada di sudut teras kafe itu terlalu nyaman untuk menunggu sambil membaca novel yang tak ku lupa sebagai teman.

“Kandang Kambing,ya?”

Novel yang sedang ku baca jatuh ketika aku mendengar suara itu.

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ __ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Kopi Nian Euy Cafe Botani Square, 23 April 2012, 11:17 WIB

‘Kandang Kambing,ya?”

{Mita…benarkah kamu Mitaku??…ooh sadarlah Kanka..dia bukan Mita…tapi kenapa sosoknya mirip sekali dengan Mita? Suara cemprengnya,tubuh mungilnya,mukanya yang oval,matanya juga persis Mita..hidungnya yang mungil…}

“Hai,iya benar saya Kandang Kambing..maaf tadi saya sedikit terkaget. Saya Kanka,” lalu Kanka berdiri sambil menjulurkan tangan ke gadis yang tadi menyapanya.

“Ooh,nama aslinya Kanka toh! Pantas nama akun twittermu Kandang Kambing,ternyata preposisi nama akun twittermu yang gokil itu namamu. Aku Tami alias Langgeng Ayu”

“Hehehe..iya..iya..kamu memang beneran cantik,sesuai akun twittermu Langgeng Ayu”

“Ternyata kamu raja gombal juga yah Kanka..hahahaha”

Pertemuan pertama Kanka alias Kandang Kambing dengan Tami terasa akrab. Wajah Tami terlihat berpancar bahagia seolah menemukan intan 1000 karat. Sedangkan Kanka masih agak terkesima dengan sosok Tami.

“Mau pesan minum,Tami?”

“Ooh..boleh,”

Kanka lalu mengankat tangannya untuk memanggil pelayan cafe.

“Aku pesan macchiato, mas,” ucap Tami kepada pelayan.

“Saya pesan double espresso aja deh,” pesan Kanka pada pelayan.

“Baik,mau pesan yang lainnya?”

“Kalau aku pesan itu saja dulu,nanti saya pesan yang lainnya,terima kasih,” ucap Tami.

“Baik mbak,”

Pelayan cafe lalu mengambil pesanan Kanka dan Tami.

“Kanka,aku masih penasaran deh sama akun twittermu,kok namaya nyeleneh banget sehh ,Kandang Kambing. Padahal kalau aku lihat kamu sekarang gak bau kayak kandang kambing..hahaha”

“Walah..gimana yah aku ngomongnya. Itu bikin namanya cuma lagi alay-alayan aja kok,”

“Okelah kalau begitu..”

Senyum dari wajah Tami tak hentinya mengembang sembari memandang wajah Kanka. Sedangkan Kanka raut wajahnya agak gelisah seperti memikirkan sesuatu.

{Bila saja kamu tahu,nama akun itu sangat berarti bagiku..uuhh}

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

1 Tahun Sebelumnya di sebuah Peternakan

Langkah kaki serombongan mahasiswa tampak bersemangat mengitari alam hijau yang asri. Para mahasiswa ini sedang tur ilmiah di peternakan Tapasera.

e314675375371fd79416ab252d068e0a_260183_239777719383864_100000549141526_912770_3936560_nSaat memasuki area kandang kambing,pemandu peternakan menjelaskan segala hal tentang cara beternak kambing perah. Ratusan kambing Bengala yang badannya besar-besar tampak riuh gelisah melihat kehadiran tamu yang tak diundang.

“mbekkk…mbeeekkk..mbeekkk’”

Peserta tur ada yang serius memperhatikan apa yang diucapkan pemandu,ada juga yang cekakak-cekikikan,yang lain tak ragu untuk jeprat-jepret kamera memfoto kawanan kambing di kandang seolah kawanan kambing itu selebriti.

Setelah mendapat penjelasan dari pemandu tur bagaimana cara beternak kambing Benggala,peserta tur lalu diajak mempraktekkan mencukur bulu kambing dan memerah susu kambing.

16ad9fb298013912c946a5d521e04515_269683_239782556050047_100000549141526_912806_4713211_nba3228a5c037df4da16bc917f629e756_392391_424290754265892_100000549141526_1499346_1797041722_nSeorang mahasiswa dan seorang mahasiswi tampak sedang bercakap-cakap sambil memperhatikan teman mereka memerah susu dan mencukur bulu kambing.

“Kamu gak mau nyoba perah kambingnya,beib?”

“Iihh..emoh ah..geli..takut..”

“Kambingnya gak galak kok! Yukk merahnya bareng gue aja.Jarang-jarang loh bisa beginian”

“Kamu yang megang badan kambingnya yah Kanka,”

Lalu dengan sedikit takut-takut,Mita mulai memerah puting kambing berwarna putih. Kanka tersenyum geli melihat wajah panik Mita. Setelah kambing selesai diperah,dengan gaya pamer Kanka langsung meminum susu kambing yang tadi diperah oleh Mita.

“Eemm…uenaak dan segerr banget susunya. Mau nyobain,Beib?”

“Eekk..ogah,” Mita tampak eneg melihat Kanka meminum susu kambing dengan nikmatnya.

“Hehehe,beneran seger banget dah habis susu murni ini. Penglihatanku jadi tambah cerah.Entah kenapa sekarang gue ngelihat kamu seolah ngelihat bidadari’” goda Kanka kepada Mita.

“Aihh…gombal banget,” Mita tersenyum tersipu mendangar uacapan Kanka.

Seusai memerah susu kambing, rombongan peserta tur lalu melanjutkan memutari kawasan peternakan. Kanka dan Mita yang sedang memadu kasih sangat bahagia hari itu. Kanka dan Mita sudah berpacaran sejak mereka sama-sama bersekolah di SMA 39. Dua sejoli ini juga punya hobby yang sama,senang nonton film drama dan membaca buku fiksi. Film favorit mereka berdua yaitu film Titanic. Mereka juga sama-sama fans berat buku Harry Potter.

“Beib,kamu kok makin cakep aja yah gue liat’”

“Pastinya dong,kalau gak cakep bukan Mita namanya..hehehe’”

“Yeey,,malah GR,”

Kepercayaan diri yang tinggi dan sikap gak jaim inilah yang buat Kanka cinta mati sama Mita.

Senja hari,rombongan mahasiswa yang tur ke peternakan Tapasera kembali pulang menuju kampus. Cuaca agak gerimis senja itu. Karena hari itu Minggu sore,arus lalu litas dari Tapasera menuju Jakarta sedikit padat. Bus peserta tur melewati tol Cipularang. Bus kian melaju kencang,sedangkan penumpangnya sebagian besar sudah tertidur karena kelelahan.

Di sebuah tikungan,mendadak bus peserta tur Tapasera berguncang kencang sambil mengeluarkan suara dentuman keras

“Bumm..drekk…”

Bus peserta tur Tapasera menabrak bus lain yang ada di jalur lain dan oleng meluncur ke arah jurang yang ada di jalur seberang. Suara teriakan terdengar dari dalam bus tur Tapasera.

Suasana rumah sakit Cipularang riuh menerima korban kecelakaan bus di jalan tol. Beberapa jurnalis media tampak lalu-lalang untuk meliput. Suara tangis pedih membahana di ruangan rumah sakit. Kanka baru bagun dari pingsannya,dan ia mendapati dirinya berada di tempat tidur sambil diinfus.

“Kanka,nak,Alhamdullilah ya ALLAH,anakku sudah sadar,” ucap seorang wanita setengah baya dengan wajah yang terlihat baru menangis.

“Mama,kenapa aku disini? Mita..mana Mita?’” Kanka masih bingung dengan kondisinya sekarang.

“Istirahatlah kamu nak,kondisimu masih lemah,”

“Tapi dimana Mita? apakah dia baik-baik saja?’”

“Sekarang kamu istirahat dulu yah,” Mama Kanka sedikit cemas dengan kondisi anaknya.

Peristiwa tabarakan bus peserta Tapasera menjadi kejadian yang menghebohkan media massa saat itu. Ada 27 korban tewas,sebagian besar mahasiswa yang baru saja mengikuti tur,dan salah satunya bernama Mita.

“Mita..kenapa kau pergi secepat ini…beib” isak Kanka di saat pemakaman Mita.

Berbulan-bulan setelah kematian Mita,kehidupan Kanka terasa hampa. Untuk mengenang pujaan hatinya yang telah pergi,Kanka berulang kali menonton film Titanic. Kanka juga menamai akun twitternya @kandangkambing ,untuk mengingat kenangan manis terakhir bersama Mita di kandang kambing Tapasera.

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Botani Square,25 Juni 2012

Kanka dan Tami kembali bertemu untuk kesekian kalinya sejak perjumpaan pertama mereka di Kopi Euy Nian Cafe.

“Kanka,sudah 3 bulan ini kita berteman. Dan gue lihat elu masih jomblo aja. Tidakkah kamu pengen punya pacar? Kamu ganteng kok jomblo? hehehe,”

“Sesama jomblo gak perlu menasehati..hahaha,”

“Elo aja yang hatinya dingin sama cewek!Padahal banyak cewek yang mengagumi elo”

“Sumpeh loh…kagak ada lagi cewek yang mau ama gue”

Tami sedikit cemberut mendengar jawaban Kanka.

755b35685e7c439b40f1e87821eb9227_20101218_suzy

{Kanka..ooh Kanka,seandainya elo tahu perasaan gue sama elo selama ini…Gue Cinta banget sama elo tahu sejak pertama ketemu elo. Sampai sekarang gue gak habis pikir dengan hatimu yang dingin sama cewek}

Bersambung…

#Kisah ini akan dilanjutkan oleh saudari @utamiutar di blognya www.utamiutar.com


TAGS love story #RantaiCerita #3Penguasa


-

Author

Follow Me