ulasbola.com Tempatnya Mengulas Sepakbola

14 Dec 2012

Sepakbola adalah olahraga paling populer di muka bumi ini,tak terkecuali di Indonesia. Tak ada penyelenggaran olahraga lain yang mampu menyedot begitu banyak animo penduduk dunia selain sepakbola. Tengok saja animo masyarakat yang begitu besar terhadap penyelenggaraan Piala Dunia,Piala Eropa,Liga Champion Eropa,hingga kejuaraan level Asia Tenggara sekalipun.

Kenapa sepakbola menjadi begitu populer? Salah satu alasannya karena sepakbola menggambarkan apa yang seharusnya dilakukan sebuah tim,organisasi,bahkan negara sekalipun jika ingin sukses. Kekompakan layaknya tim Manchester United dan Barcelona yang didambakan setiap orang,yakni keterpaduan kerjasama antar lini untuk terus meraih sukses. Sepakbola bukanlah sekedar permainan mengejar bola,mencetak gol,atau menang kalah saja,sepakbola adalah aspek lain dari kehidupan manusia.

Karena begitu populernya sepakbola,berbagai media,baik stasiun TV,media cetak,dan media online,berlomba menyuguhkan tayangan pertandingan dan berita sepakbola. Prediksi dan hasil pertandingan Liga Champion Eropa,Liga Premier Inggris,La Liga Spanyol,Liga Seri A Italia,Bundesliga,isu transfer pemain,dan juga berita kehidupan pemain sepakbola,menjadi hiburan bagi pecinta sepakbola. Saya pribadi penggemar berat sepakbola sejak SD. Saya fans berat klub AC Milan,Manchester United,Arsenal,Bayern Munich,dan Barcelona. Dulu saya rutin membeli tabloid dan koran yang memberitakan sepakbola. Seiring perkembangan dunia digital,saya rajin mengakses berita sepakbola secara online melalui situs-situs sepakbola.

Mengubah Nama,Semakin Dekat dengan Fans Sepakbola

Pertama kali saya tahu tentang situs 90menit.com pada bulan Februari 2012.Saat itu teman saya Prince mengirim link jadwal dan prediksi Liga Champion Eropa di website 90menit.com ke beranda Facebook saya. Pada awalnya saya tidak terlalu sering mengakses 90menit.com,namun kini saya sering mengakses 90menit.com sejak ada fitur berita Wags Gallery dan Tendangan Bebas.

Untuk meningkatkan layanan dan juga untuk lebih akrab dengan pecinta sepakbola,beberapa waktu lalu 90menit.com mengubah desain dan juga mengubah nama menjadi ulasbola.com . Menurut saya,perubahan nama ini sesuatu yang bagus,karena orang yang melihat nama ‘ulasbola’ akan lebih ngeh(paham) bahwa situs ini merupakan situs yang mengulas tentang sepakbola dibandingkan dengan melihat nama sebelumnya ‘90menit’.

Desain yang Lebih Rapi

Tampak banyak perubahan pada desain 90menit.com dan desain terkini ulasbola.com. Warna hitam mendominasi pada widget dan background yang terpampang di 90menit.com . Juga tidak terdapat slideshow header berita terkini yang sedang hits disana. Desain awal ini sangat tidak menarik,karena tidak memikat mata pengunjung situs untuk mencari lebih banyak link berita disini karena ulasan berita,prediksi dan jadwal pertandingan hanya terletak di bagian tengah halaman utama.Tampilan ada sidebarnya pun tampak datar dengan barisan sub header widget berwarna oranye dan hitam.

Tampilan 90menit.com di bulan Februari 2012

Tampilan 90menit.com di bulan Februari 2012

Perubahan terlihat jelas pada tampilan terkini ulasbola.com . Tampilan tampak cerah karena didominasi warna putih. Widget-widget info berita tentang pemain, prediksi dan jadwal pertandingan berbagai kompetisi ,klasemen lebih tertata rapi. Fitur berita yang saya sukai pada ulasbola.com adalah ‘Tendangan Bebas’.

cd314808aa16c2e0a2f81b6c5b5378a4_34802015077-orig

tampilan terkini ulasbola.com

Tampilan rapi pada website tak akan ada artinya bila lambat mengakses website itu,karena pengguna internet akan segera menutup website bila website tersebut loadingnya lambat.Saya coba membandingkan ulasbola.com dengan website kompetitor terkenal yang juga mengulas tentang sepakbola. Kecepatan loading ulasbola.com 2,66 detik. Sedangkan kecepatan loading goal.com 0,74 detik ,kecepatan loading viva bola 3,45 detik,kecepatan loading sepakbola.detik.com 2,82 detik. Dari perbandingan tadi bisa disimpulkan kecepatan untuk mengakses ulasbola.com cukup bagus,karena kecepatannya setara dengan website bola kompetitor.

Sumbang Saran buat ulasbola.com

Masih ada beberapa kekurangan yang terdapat pada website ulasbola.com ,diantaranya:

  • Belum ada logo pada header ulasbola.com layaknya website-website terkenal lainnya seperti detik.com atau goal.com,padahal logo merupakan hal penting yang akan menjadi ciri khas satu website,yang secara tidak langsung akan jadi hal pengingat pengakses internet.
  • Berita sama seperti waktu. Setiap hari, setiap jam, setiap menit,bahkan setiap detik selalu ada hal yang bisa menjadi berita.Saat ini belum ada paket instalasi untuk mengakses ulasbola.com dalam berbagai platform seperti Android,Blackberry,Google Chrome,VDA( Virtual Dekstop Application),dan Symbian.Fitur-fitur instalasi tadi perlu dibuat segera supaya memudahkan orang untuk mengakses ulasbola.com dimana saja dan lewat berbagai jenis gadget.
  • Diperlukan konsumen yang loyal memakai produk agar suatu bisnis bisa berkembang dan maju.Dalam hal ini diperlukan interaksi yang harmonis dari pembuat produk dan pemakai produk. Dalam hal ini saya belum melihat ulasbola.com menggandeng pemakainya membuat satu wahana yang interaktif di dalam website.Sebaiknya ulasbola.com segera membuat fitur semacam debat interaktif antar supporter sepakbola atau mengulas komunitas suppoter klub tertentu di Indonesia di dalam website ulasbola.com,kelak hal ini akan membuat komunitas pecinta ulasbola.com bertumbuh pesat.
  • Widget tab twitter @ulasboladotcom belum ada di dalam website.Ada widget follow us on twitter di dalam website ulasbola.com,tapi widget ini mengarah pada broken link (unvalid).
  • Info seputar transfer,kehidupan pemain dan pelatih,maupun Wags agar lebih diperbanyak.

Perubahan yang dilakukan oleh ulasbola.com sudah cukup lumayan,tapi masih diperlukan pengembangan fitur dan pengembangan komunitas pecinta ulasbola.com . Kesimpulan akhir saya adalah website ulasbola.com merupakan website yang patut dibaca pecinta sepakbola karena ulasbola.com merupakan tempat yang pas mengulas tentang sepakbola.

982d8a02eb16382b86b2d4094f7bd6cc_4a52873bd0a0f2196a1639cf43044a45_3640463690_5017f7cdf0_m


TAGS BLOG Blog Favorit ulasbola.com my mind


-

Author

Follow Me