Hebat ! Pasar Minggu Steril Dari Pedagang Di Bahu Jalan

23 Aug 2013

Beberapa bulan terakhir, ramai diberitakan berbagai media massa tentang ketegasan sikap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Jokowi dan Ahok dalam membenahi kesemrawutan jalanan di ibukota yang selalu macet parah di beberapa titik akibat keberadaan pedagang K-5 yang menjajakan dagangan di bahu jalan.

Dua titik kemacetan akibat pedagang di bahu jalan yang menjadi fokus utama Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk segera dibenahi adalah Tanah Abang dan Pasar Minggu. Dua tempat ini memang tempat yang biasa ditimpa kemacetan parah dalam beberapa puluh tahun terakhir akibat tindakan para pedagang yang mendirikan tempat dagangan yang menutupi sebagian hingga seluruh jalur jalan.

Kedua pejabat tertinggi di Jakarta ini sempat menemui kendala dan tentangan dari beberapa pihak yang tak ingin diatur dalam berdagang, bahkan ada pihak yang terang-terangan mengancam langsung Wakil Gubernur DKI akibat sikap dan perkataan tegasnya untuk melarang pedagang di Tanah Abang dan Pasar Minggu menjajakan dagangan di bahu jalan demi menegakkan aturan PERDA DKI No 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum untuk Penyelenggaraan Pedestrian.

Setelah melalui tarik-ulur yang alot dan kebijaksanaan dari Gubernur DKI, para pedagang Tanah Abang dan Pasar Minggu akhirnya diberi waktu hingga lebaran untuk berdagang di bahu jalan.

Melalui berita di media-media massa, selepas lebaran saya melihat dan membaca bahwa pemerintah DKI melalui tangan Satpol PP dibantu oleh kepolisian dan militer telah menertibkan kawasan Tanah Abang dan Pasar Minggu dari pedagang di bahu jalan.

ea3cacaf2fe2af311be54d9dc530e2fe_pengumuman-di-larang-berdagang-di-bahu-jalan

Karena penasaran dan ingin membuktikan secara langsung kebenaran berita-berita tadi, Kamis (22/8) sekitar jam 10 malam saya beranjak ke daerah Pasar Minggu. Sekitar dua minggu sebelum lebaran saya kebetulan melewati kawasan Pasar Minggu karena ingin membeli Uli Bakar yang dijual pedagang langganan saya. Pada waktu itu terlihat semrawutnya kawasan ini, disesaki oleh para pedagang yang menutupi satu jalur jalan dari depan kantor kelurahan Pasar Minggu hingga pertigaan Stasiun Pasar Minggu.

Kamis malam (22/8) dengan menyaksikan dengan mata saya sendiri, dengan kagum saya melihat kawasan Pasar Minggu ini telah tertata rapi steril dari pedagang yang menutupi jalur jalan. Tampak ada puluhan mobil Satpol PP yang diparkir di sepanjang kawasan ini, puluhan petugas Satpol PP juga tampak disana (bukan hanya mobilnya saja)!

Kawasan Pasar Minggu Kini Steril Dari Pedagang Di jalur Jalan

Kawasan Pasar Minggu Kini Steril Dari Pedagang Di jalur Jalan

Kawasan Pasar Minggu Kini Tampak Bersih

Kawasan Pasar Minggu Kini Tampak Bersih

Kendaraan Kini Bebas Melenggang Di kawasan Pasar Minggu

Kendaraan Kini Bebas Melenggang Di kawasan Pasar Minggu

Melihat fakta yang saya saksikan secara langsung tadi, saya ingin mengatakan ini.. HEBAT!! Ternyata bila ada keseriusan dan ketegasan dari pejabat pemerintah tertinggi dibantu oleh petugas bawahan untuk membenahi pedagang yang berjualan di jalur jalan, Pasar Minggu kini bisa bersih dan rapi.

Para Pedagang Kini Tertata di dalam Pasar

Para Pedagang Kini Tertata di dalam Pasar

Banyak Mobil Petugas Satpol PP Kini Parkir Di Sepanjang Pasar Minggu

Banyak Mobil Petugas Satpol PP Kini Parkir Di Sepanjang Pasar Minggu

Hanya ada sedikit saran dari saya kepada bapak-bapak pejabat DKI Jakarta tentang penertiban kawasan Pasar Minggu ini, yaitu:

  1. Para petugas Satpol PP ini sudah bekerja keras hingga huntuk menertibkan kawasan Pasar Minggu, hingga ada yang masuk shift malam hari. Seperti yang kita ketahui bekerja di malam hari membutuhkan energi lebih karena juga mengubah pola tidur manusia. Jadi ada baiknya para petugas Satpol PP ini diberikan extra fooding (makanan malam yang sehat). Extra Fooding biasa diberikan oleh perusahaan-perusaahan bonafid yang mempekerjakan karyawan di malam hari.
  2. Ada baiknya sesekali pejabat teras DKI Jakarta, minimal setingkat walikota mengunjungi para Satpol PP yang sedang bekerja di malam hari, bisa sekedar memberi arahan langsung ataupun memberi semangat.
  3. Bila anda yang melihat foto terakhir di artikel ini dengan jeli, maka anda akan menemukan tanda plang huruf S yang artinya…..(silahkan anda jawab sendiri), namun disitu tampak terparkir beberapa kendaraan petugas. Jadi ada baiknya kendaraan petugas itu tak di parkir di tempat tersebut atau tanda plang huruf S itu sebaiknya dipindahkan saja (silahkan dipilih solusi yang terbaik)

Saya berharap kondisi bersih dan tertibnya kawasan Pasar Minggu ini bisa dipertahankan hingga selamanya. Saya sendiri rela sedikit berkorban dengan ditertibkannya kawasan Pasar Minggu ini, karena saya kehilangan jejak pedagang Uli Bakar super enak langganan, tak tahu dimana lokasinya kini berdagang :D


TAGS Metropolitan Jakarta Jakarta Tertib


-

Author

Follow Me