Menulis Blog Secara Spontan, Mengasyikkan & Mengasah Kepekaan

27 Aug 2013

Tak terasa sudah sebelas hari saya mengikuti kontes ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’ yang diselenggarakan DBLOGGER COMMUNITY bekerjasama dengan BLOGDETIK. Tantangan mengupdate blogdetik ini minimal sekali dalam sehari di tengah padatnya waktu menjalani rutinitas sehari-hari, ternyata bisa saya lewati di sepuluh hari sebelumnya.

Sebelum dimulainya kontes ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’ ini sempat terpikir di benak saya untuk menyimpan draft tulisan sebanyak-banyaknya yang akan diikutsertakan lomba agar pada saat lomba tinggal diterbitkan saja. Namun saya teringat dengan salah satu tulisan seorang blogger legendaris bernama Karmin Winarta yang akrab juga dikenal sebegai Fanabis. Di dalam tulisan Mr.Fanabis yang berjudul ‘Commuter Kehilangan Spontanitas’ tertulis kata-kata yang membekas di benak saya

beberapa orang terlalu serius memikirkan apa yang ingin di raihnya. efeknya mereka terlalu fokus, sehingga kehilangan spontanitas. mereka tidak pernah bisa ekspresif. pelan-pelan mereka berubah menjadi mirip zombie: dingin, mekanis dan acuh

Tentu saja saya tak ingin menjadi zombie seperti yang dituliskan oleh Mr.Fanabis diatas, jadi saya memutuskan untuk mengikuti kontes ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’ dengan mengupadte tulisan terbaru secara spontan. Saya juga terinspiriasi dengan mereka blogger-blogger hebat, misalnya saja Oom Wijaya Kusumah (Oom Jay), Amarie, dsb yang rajin menulis diblognya masing-masing dengan cara spontan, menuliskan apa yang mereka alami di kehidupan sehari-hari.
cfd0a7b846b0b2825feaf69a58a54244_writing-in-sand
Sepuluh tulisan terakhir saya di blog ini saya buat secara spontan, mencoba mengikuti arah angin berhembus kepekaan saya mengamati keadaan sekitar.Banyak sekali kejadian menarik yang saya amati secara spontan yang menginspirasi saya membuat sepuluh tulisan terdahulu. Ini dia kisah dibalik 10 postingan saya yang terakhir.
1. SPONTAN TERTAWA LIHAT AKSI LUCU PESERTA LOMBA 17 AGUSTUSAN
Postingan pertama saya di ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’ yang berjudul “Kemeriahan Lomba 17 Agustus Di Lingkungan RT-ku” memang temanya sesuai dengan tanggal pada saat itu 17 Agustus. Namun sebelumnya tak terpikir buat saya untuk menuliskan tentang betapa cerianya bocah-bocah kecil yang mengikuti lomba 17 Agustusan (yang banyak diantaranya dari bocah-bocah itu belum tahu betul 17 Agustus itu dirayakan karena apa). Saat itu kebetulan saya berkunjung ke Ciracas dan satu sudut kampung saya menyaksikan kekompakan warga yang menyelenggarakan lomba 17 Agusutusan walaupun secara sederhana dan terkendala dengan minimnya tanah lapang sebagai tempat lomba. Dari sini saya belajar bahwa kebahagiaan itu tak melulu mewah, kesederhanaan dan kekompakan bisa juga membuat kita tertawa bahagia.
2. SPONTAN MARAH LIHAT KLUB FAVORIT TERPURUK KARENA SIKAP MANAJEMEN KLUB
Uneg-uneg kesal saya spontan tertulis di postingan ” Arsenal Jadi Medioker Karena Profesor Pin Pin Bo” karena malam sebelumnya menyaksikan salah satu klub favorit saya, Arsenal, kalah memalukan di kandang sendiri pada pekan pembuka Premier League. Walau uneg-uneg kesal saya ini tak akan dibaca oleh petinggi Arsenal, namun apa yang saya tuliskan disini sebagai bentuk rasa sayang saya kepada Arsenal.
3. SPONTAN IKUT BAHAGIA MELIHAT PRESTASI OLAHRAGAWAN INDONESIA
Saya membuat tulisan “Belajar Kesuksesan Dari Para Pemenang Di Gelanggang Olahraga” secara spontan saat melihat tayangan di salah satu stasiun tivi yang menampilkan wawancara dengan Tontowi Ahmad. Terus terang saya sangat salut dengan kiprah para pebulutngkais Indonesia yang sukses meraih juara dunia pada tahun 2013 ini, dan juga salut kepada tim sepak bola Homeless Indonesia telah mendapat tempat di hati jutaan pencinta sepakbola karena kegigihan dan semangat juang mereka untuk membuat prestasi walaupun terkendala kekurangan dan kerap termarjinalisasi di masyarakat umum.
4. SPONTAN BIKIN TULISAN MENGERIKAN GARA-GARA KELAKUAN LUCU PENAKUT
Saya spontan membuat postingan “5 Tempat Mengerikan Di Jakarta” gara-gara kelakuan lucu salah seorang teman wanita di kantor yang mendadak jadi penakut gara-gara nonton film The Conjuring. Faktanya 5 tempat yang saya tulis di postingan tadi memang jauh lebih menakutkan dari rumah berhantu di fil The Conjuring…hehehehe
5. SPONTAN MENULIS HUMOR PAPUA GARA-GARA INSOMNIA
Say spontan menuliskan postingan” Epen kah Cupen toh, Sketsa Humor Tradisional Yang Menyegarkan” gara-gara semalam sebelumnya insomnia dan menonton tayangan humor ini dari You Tube hingga perut saya sakit karena tertawa terpingkal-pingkal.
6. SPONTAN TULIS TENTANG METALLICA KARENA BOSS DI KANTOR
Seminggu sebelum Metallica konser di GBK, setiap hari terdengar sayup-sayup dari ruangan kantor boss aya bekerja alunan lagu Metallica yang ia putar sepanjang hari. Akhirnya saya buat postingan “15 Lagu Metallica Terpopuler Sepanjang Masa”. Sampai hari ini boss saya masih sering menyetel lagu Metallica di ruangan kantornya efek akibat keseuran nonton langsung METALLICA hari minggu lalu…hahaha
7. SPONTAN MENULIS TENTANG PASAR MINGGU AKIBAT ULI BAKAR
Menurut saya postingan ‘ Hebat! Pasar Minggu Steril Dari Pedagang Di Bahu Jalan” merupakan tulisan terbaik saya di sepuluh hari karena tulisan ini mengandung kaidah jurnalistik investigatif yang langsung saya tulis dan update di saat itu juga. Sambutan pembaca terhadap tulisan ini sangat luar biasa dan itu memang menjadi tujuan saya untuk mengapresiasi kerja keras Gubernur DKI, WAGUB DKI, dan Satpol PP yang telah bekerja keras menata sudut kota Jakarta. Padahal postingan ini secara spontan saya buat karena niat saya ke datang ke Pasar Minggu jam 10 malam hanya ingin membeli uli bakar karena kelaparan di malam hari…hehehehe
8. SPONTAN BUAT PUISI INDAH BUAT BAYI KECIL CHUBBY
Postingan berjudul “Puisi Pertama Untuk Yemima Melodi Tirza” saya buat secara spontan untuk menyambut kehadiran bayi kecil cantik yang chubby yang telah lahir di rumah keluarga kecil kami lima hari sebalumnya. Yemima Melodi Tirza merupakan nama yang saya berikan kepda bayi chubby cantik, beberapa jam sebelum postingan ini terbit.
9. SPONTAN TULIS TRIBUT BUAT WSATCC KARENA KEPEPET & LIHAT PENARI JALANAN
Terus terang postingan berjudul “Cinta Tanah Air ala WSATCC Menyanyikan Lagu-Lagu Daerah” saya buat secara tak sengaja melihat penari tradisional jalanan menari saat saya makan di daerah Senayan dan saya pun teringat draft tulisan lama di blogspot punya saya. Berhubung pada hari Minggu sedang sibuk dengan berbagai kegiatan dan hingga pukul sepuluh malam kepepet waktu belum setor tulisan, jadilah tulisan ini terbit di Blogdetik.
10. SPONTAN SEBAR FOTO KONYOL GARA-GARA BUSWAY TERHAMBAT
Pada hari Senin kemarin saya kebetulan menggunakan Trans Jakarta sewaktu pulang kerja. Namun kekesalan saya muncul karena Trans Jakarta yang saya tumpangi tersendat hingga sejam dalam perjalanan menuju Matraman dari Dukuh Atas akibat jalur busway diserobot oleh kendaraan lain. Jadilah saya menuliskan postingan “Galeri Foto Aksi Konyol Penyelonong Jalur BusWay”
Setelah saya menjalani sepuluh hari+hari ini mengikuti lomba ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’ dengan tulisan-tulisan spontan, saya kini sudah merasakan betul betapa mengasyikkan menulis blog secara spontan karena bisa mengasah kepekaan untuk mengamati keadaan sekitar. Apakah kamu menulis blog juga secara spontan?


TAGS Ayo Ngeblog Update Blogdetik


-

Author

Follow Me