Membayangkan Kopdar Blogger Se-Nusantara Di Tempat Miniatur Nusantara

2 Sep 2013

Pertumbuhan blog di Indonesia cukup pesat hingga saat ini. Menurut data yang dilansir oleh direktori blog saling silang (yang kini telah almarhum), pada tahun 2012 saat ini ada sekitar 5 juta lebih blog di Indonesia. Eksistensi blogger kini juga telah diakui pemerintah Indonesia dengan ditetapkannya tanggal 27 Oktober sebagai hari Blogger Nasional saat penyelenggaraan Pesta Blogger pertama tahun 2007.

Saya mulai tertarik untuk membuat sebuah blog pada tahun 2007 silam.Saat itu saya sekedar iseng menulis puisi dan lirik-lirik lagu di blog jejaring sosial Friendster. Setahun berselang aktifitas ngeblog saya mengalami hiatus panjang. Suatu ketika saya membaca sebuah artikel majalah langganan adik perempuan saya. Saya membaca profil dua blogger yang sukses lewat aktifitas ngeblog,yaitu Cosa Aranda dan Nonadita. Dalam artikel majalah tadi diceritakan bagaimana Cosa Aranda bisa sukses menjadi jutawan melalui penghasilan Adsense yang ada di blognya.

Sedangkan Nonadita bercerita di artikel majalah tersebut kisah tentang kemenangannya pada satu kontes blog yang diselenggarakan salah satu produsen software terkemuka,yang membuat ia diundang keliling Indonesia gratis untuk menjadi instruktur pelatihan blog. Saya tercengang,heran,sekaligus kagum membaca profil dua blogpreneur Indonesia yang hebat tersebut. Apa yang saya baca tentang dua blogger yang bisa sukses karena ngeblog menambah wawasan baru berpikir saya bahwa menjadi seorang blogger bukanlah aktifitas yang buang-buang waktu bila dilakukan secara konsisten,tekun,dan serius. Akhirnya saya bersemangat untuk kembali ngeblog. Saking bersemangatnya, saya membuat 3 blog baru di 3 platform yang berbeda. Saya mulai rajin blogwalking membaca artikel yang saya anggap menghibur,edukatif,dan inspiratif. Membaca artikel-artikel yang bagus saat blogwalking sangat membantu memperbaiki teknik menulis blog saya yang belepotan. Walaupun saya masih merasa kurang bagus dalam menulis artikel,saya memberanikan diri mengikuti berbagai kontes penulisan blog. Walaupun pada akhirnya artikel blog saya sering kalah,tapi saya banyak belajar dari artikel-artikel juara kontes-kontes blog tadi.

Beberapa bulan kemudian,sebagai seorang blogger saya mulai penasaran seperti apa sih mereka para blogger lain,apakah mereka orang-orang eksentrik, atau orang-orang introvert yang hobby menyendiri sambil menulis? Mulailah saya memberanikan diri bertemu dengan blogger-blogger lain atau istilahnya KOPDAR. Karena Kopdaran ,saya beruntung dan bahagia bisa bertemu dengan banyak blogger,yang ternyata sangat ramah dan rajin berbagi ilmu dan pengalaman bagus,termasuk berbagi ilmu ngeblog. Pada sebuah KOPDAR saya saya sempat terharu saat seorang blogger senior tersohor di negeri ini bisa mengenali saya karena salah satu artikel blog yang saya buat.Saya mengetahui tentang Blogger Nusantara pada bulan Mei 2011 melalui artikel blog yang ditulis oom Anjari. Dari artikel tadi saya mengetahui dan spontan mendukung ide berkumpulnya 1000 blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang dicetuskan Gempur Abdul Ghofur.

Yang membuat saya mendukung gerakan Kopdar 1000 blogger yang bernaung dalam paguyuban Blogger Nusantara adalah semangat persaudaraan yang positif antar sesama blogger tanpa melihat perbedaan asal daerah,asal komunitas,dan juga platform blog. Semangat persaudaraan antar sesama blogger lintas daerah,lintas komunitas,dan lintas platform memang perlu intens dilaksanakan untuk mempererat hubungan baik antar sesama blogger di Indonesia,yang pada akhirnya akan menjadi salah satu unsur pemersatu bangsa Indonesia.

Pada akhirnya di penghujung bulan Oktober 2011 lalu saya beruntung berkesempatan hadir di ajang Kopdar Blogger Nusantara yang diadakan di kota Sidoarjo. Bagi saya momen hadir di Kopdar Blogger Nusantara 2011 merupakan salah satu momen paling bekesan dalam hidup saya.

Sesampai di lokasi acara Kopdar 1000 Blogger di Convention Hall Sun City Sidoarjo,saya sangat terkesima melihat membludaknya peserta yang hadir disana.Sebelumnya dalam pikiran saya,paling hanya 500an orang yang datang,tapi pada acara ini yang hadir lebih dari 1000 blogger.Luar biasa!!!

98f712a19b4097be038b92a317822e63_camp-blogger-nusantara-2011

Kisah indah monumental saat bisa kopdaran dengan ribuan blogger yang terjadi pada Sidoarjo pada 28-30 Oktober 2011 selalu terkenang dengan manis. Masih terbayang saat-saat berangkat dengan kereta menuju Surabaya bersama puluhan blogger lainnya dari stasiun Senen. Juga lokasi penginapan yang disebut juga Camp Blogger Nusantara,yang luar biasa besar tanpa sekat-sekat pembatas(kecuali sekat ruang tidur wanita).Di tempat ini saya bisa berinteraksi langsung hingga 3 hari dengan blogger se-Nusantara.

43fde70e87610b7f6a52b4edca5659b4_kopdar-blogger-nusantara

c37790159e25db6431c390afb1bf66ac_330740_10150520999929546_593949545_11624022_1240204514_o1

Pada kopdar Blogger Nusantara kedua yang berlangsung di Makassar pada tahun 2012 lalu, saya berhalangan hadir karena tak bisa meninggalkan pekerjaan. Namun saya tetap mendukung secara resmi acara ini yang tertuang dalam testimoni di website Blogger Nusantara (website ini entah kenapa tak bisa saya akses pada hari ini..)

Kopdar peserta #30HariNonStopNgeblog bersama Blogger se-Nusantara, Bisakah Terwujud?

Tiga hari yang lalu saya membaca sebuah pengumuman yang dibuat oleh panitia lomba #30HariNonStopNgeblog yang menantang peserta lomba menuliskan opini tentang kemungkinan diadakannya kopdar antara peserta lomba #30HariNonStopNgeblog dengan Blogger Se-Nusantara.

Setelah membaca hal diatas, hanya satu tempat yang terlintas di benak saya dimana lokasi acara ini bila betul jadi dilaksanakan, yaitu ‘Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

8d99ae4636c3e2fa74a41de9c2a9e783_tmii

Saya mengusulkan lokasi tempat diadakannya kopdar Blogger Se-Nusantara bukan karena faktor saya tinggal di Jakarta semata. Saya merekomendasikan Taman Mini Indonesia Indah sebagai lokasi kopdar Blogger Se-Nusantara karena di TMII inilah representasi makna Nusantara tersebut! Ya, Taman Mini Indonesia Indah merupakan miniatur Indonesia/Nusantara yang ada di kota Jakarta dan memiliki anjungan-anjungan daerah yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Jadi bakal sangat mengesankan bila acara Kopdar Blogger Se-Nusantara jadi diadakan di Taman Mini Indonesia Indah.

Namun untuk mengadakan acara yang dihadiri oleh ratusan atau ribuan orang tak semudah membalikkan telapak tangan, diperlukan aspek-aspek lainnya untuk medukung acara ini. Aspek-aspek yang dibutuhkan untuk membuat acara kopdar akbar, adalah sebagai berikut:

* AKOMODASI PENGINAPAN

Sudah pasti para peserta Kopada Blogger Se-Nusantara dari luar daerah membutuhkan tempat menginap. Karena itu tadi saya berani mewacanakan Taman Mini Indonesia Indah sebagai tempat kopdar akbar ini, karena di TMII tersedia 2 tempat menginap yang bisa menampung ratusan peserta kopdar, yaitu Desa Wisata Hostel dan Graha Wisata Remaja.

Desa Wisata Hostel sering juga dimanfaatkan untuk tempat berbagai kegiatan rapat dan pertemuan kantor dari Jakarta. Memiliki 32 pondok berupa kamar barak non AC, standar AC, VIP, dan cottage yang dapat menampung 416 tamu dengan keunggulan harga yang relatif murah. Desa Wisata Hostel merupakan tempat yang sangat ideal. Letaknya berada di dalam kawasan TMII, tempat ini sangat cocok untuk tempat beistirahat.

Graha Wisata Remaja memiliki sarana penginapan yang nyaman, bersih dan aman dengan biaya yang sangat terjangkau. Graha Wisata berlantai 3, memiliki 44 kamar, terdiri atas kamar standar dan kamar special dengan AC dan berkapasitas 280 tempat tidur. Fasilitas lain yang dimiliki Graha Wisata adalah dua ruang rapat dengan kapasitas 100 orang dan 60 orang, ruang makan dengan kapasitas 200 orang, ruang ibadah, lobby, drugstore dan snack counter. Selain itu, tersedia sarana olahraga tenis meja dan bola sodok lapangan, serta sarana telepon.

* AKOMODASI TRANSPORTASI

Selain aspek Akomodasi Penginapan, hal lain yang penting untuk diperhatikan buat mengadakan kopdar Akbar Blogger Se-Nusantara adalah lokasi tempat acara itu berada, apakah bisa terjangkau dengan mudah atau tidak.

Saya berani mewacanakan Taman Mini Indonesia Indah sebagai tempat ideal buat mengadakan acara Kopdar Akbar Blogger Se-Nusantara karena tempat ini hanya beberapa ratus meter dari Terminal Kampung Rambutan. Jadi blogger-blogger luar Jakarta dari Pulau Jawa yang menggunakan bus dapat dengan mudah mencapai lokasi Taman Mini Indonesia Indah.

TMII juga sangat dekat dengan Lapangan Udara Halim Perdana Kusumah, hanya berjarak sekitar 3,5 Kilometer saja. Jadi blogger-blogger peserta yang datang dari luar Pulau Jawa menggunakan pesawat terbang, bisa dengan mudah mencapai lokasi Taman Mini Indonesia Indah.

* SPONSOR dan SWADAYA BLOGGER

Unutuk mengadakan acara besar kopdar akbar Blogger Se-Nusantara tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena itu iperlukan sponsor yang mau mengeluarkan dana besar untuk mendukung acara ini. Pada dua penyelenggaraan terakhir acara Kopdar Blogger Nusantara pihak Idblognetwork telah menjadi partner utama cara ini. Semoga saja hal ini tetap berlanjut dengan dukungan sponsor-sponsor lainnya.

Namun saya mengusulkan ada baiknya dibuat sebuah gerakan massal kerjasama antara blogger Se-Nusantara untuk mengumpulkan dana swadaya demi terseleggaranya acara Kopdar Blogger Se-Nusantara.

Tak salah bila blogger belajar kepada semut yang beramai-ramai mengumpulkan makanan. Blogger pun bisa bergerak bersama-sama mengumpulkan dana,untuk mengembalikan kembali gelaran bersejarah kopdar Blogger Se-Nusantara.Bila saja seperlima dari 5 juta blogger di Indonesia (1 juta blogger) mengumpulkan donasi masing-masing 10 hingga 50 ribu rupiah,tentunya akan terkumpul dana miliaran rupiah untuk danai Pesta Blogger 2013. Saya bakal menjadi salah satu orang pertama yang siap menyumbangkan dana swadaya bersama ini.

* WAKTU PENYELENGGARAAN

Memang bukan hal mudah untuk menentukan waktu acara yang tepat mengadakan Kopdar Blogger Se-Nusantara, karena terkait dengan berbagai aspek lainnya. Salah satu hal yang perlu kita ingat adalah acara kopdar ini membutuhkan dana yang besar. Sepengetahuan saya banyak sponsor yang akan tutup buku menjelang akhir tahun, artinya sponsor-sponsor bakal susah untuk mengeluarkan dana besar mendadak untuk membiayai sebuah event di akhir tahun. Jadi bila Kopdar Blogger Se-Nusantara diadakan pada akhir tahun 2013 ini bakal sangat mepet bagi panitia dalam mencari sponsor.

Sedangkan pada tahun 2014 nanti, Indonesia akan mengadakan hajatan besar PEMILU yang dimulai pada bulan April hingga September. Bakal sangat sulit untuk meminta ijin kepada pihak berwenang setempat untuk mengdakan acara akbar yang melibatkan ratusan hingga ribuan orang di masa PEMILU tadi.

Jadi saya berkesimpulan waktu yang tepat untuk mengadakan acara kopdar Blogger Se-Nusantara adalah dalam rentang akhir bulan Januari hingga awal Maret 2013.

* ASPEK PROMOSI ACARA

Saat ini kota Jakarta memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur yang sangat dicintai oleh banyak masyarakat, bukan hanya oleh penduduk Jakarta saja tapi juga oleh banyak orang di senatero Indonesia. Setiap kegiatan Pak Jokowi dan Ahok selalu ramai diberitakan oleh berbagai media massa mainstream di Indonesia. Tentunya bakal menjadi ajang promosi yang sangat bagus buat kegiatan Kopdar Blogger Se-Nusantara, bila salah satu dari Pak Jokowi atau Ahok bisa diundang hadir di acara ini nanti.

Lagipula Pak Ahok juga bakal bisa mudah untuk diundang hadir di acara ‘Kopdar Blogger Se-Nusantara, karena beliau juga seorang blogger yang memiliki blog ahok.org. Walau kini Ahok.org kini lebih sering diisi oleh orang orang lain selain Pak Ahok, tapi pada awal diluncurkannya blog ini Pak Ahok sering menuliskan opini pribadinya di website ini. Jadi bisa dibilang Pak Ahok merupakan seorang Blogger, yang tentunya bakal senang hati mau ikutan kopdar bareng dengan Blogger Se-Nusantara.

Karena itu saya membayangkan betapa idealnya bila kelak nanti Kopdar Blogger Se-Nusantara diadakan di tempat Miniatur Nusantara, Taman Mini Indonesia Indah.


TAGS Blogger Nusantara Kopdar


-

Author

Follow Me