Transfer Gareth Bale, Ketika Harga Pemain Sepakbola Menjadi Anomali

3 Sep 2013

Bursa transfer pemain musim panas 2013-2014 telah resmi ditutup Selasa dini hari (3/9 WIB) tadi. Sebuah rekor dunia tercipta menjelang penutupan bursa transfer, saat Real Madrid dengan resmi membeli Gareth Bale dari Totenham Hotspur senilai 100 Juta Euro. Banyak pihak yang geleng-geleng kepala melihat aksi gila Real Madrid membeli Gareth Bale semahal itu. Padahal bila melihat komposisi pemain Real Madrid saat ini, peran seorang Gareth Bale tak terlalu dibutuhkan karena di Madrid sudah ada deretan gelandang tengah kelas satu dunia, misalnya Cristiano Ronaldo, Isco, Luka Modric, Angel Di Maria dan Mesut Ozil. Pada akhirnya Mesut Ozil menjadi korban kedatangan Bale ke Madrid. Ozil dilepas ke Arsenal setelah Ozil merasa tidak nyaman dengan keputusan Real Madrid mendatangkan Bale.

12e586a70f786096e931a884b9b6aa00_gareth-bale

Banyak dari pecinta dan pelaku sepakbola yang mempertanyakan kepantasan Gareth Bale dihargai hingga 100 Juta Euro. Bila melihat prestasi, Bale bukanlah pemain top yang pernah meraih gelar juara. Gareth Bale juga belum pernah mencetak lebih dari 30 gol dalam semusim.

Jelas prestasi Bale sangat jomplang bila dibandingkan dengan empat pemain sebelumnya yang pernah mencetak rekor transfer pemain termahal di dunia, Cristiano Ronaldo, Ricardo Kaka, Zinedine Zidane, dan Luis Figo. Cristiano Ronaldo sudah pernah mencatatkan prestasi membawa Manchester United menjuarai Liga Champions dan membawa timnas Portugal ke final Piala Eropa dan semifinal Piala Dunia sebelum dibeli Real Madrid pada musim 2009-2010 seharga 94 juta Euro yang memecahkan rekor dunia pada saat itu. Ricardo Kaka jug sudah mencatatkan prestasi membawa AC Milan menjadi juara Liga Champions serta membawa timnas Brasil jadi Piala Dunia sebelum dibeli Real Madrid. Bila dibandingkan dengan Zinedine Zidane, maka prestasi Bale tidak ada apa-apanya.

Secara marketing, Gareth Bale bukanlah seorang pemain yang bisa dijual secara tampang yang bisa menjadi pemasukan klub lewat branding pemain tersebut, berbeda halnya dengan Cristiano Ronaldo atau David Beckham dulu yang memang benar-benar tampan dan juga pesolek yang digilai para wanita.

17c9dffd7bf2ed16a4ea3188c54186fa_cristiano-ronaldo

Memang belum ada tolak ukur yang pasti untuk menilai berapa harga seorang pemain sepakbola. Yang jamak di dunia sepakbola, seorang striker atau gelandang serang pada umumnya bakal lebih dihargai lebih mahal dibandingkan seorang pemain bertahan dan kiper, karena para striker dan gelandang serang itu memiliki tugas mencetak gol yang merupakan tujuan utama dari sepakbola itu sendiri.

Namun apa yang dilakukan Real Madrid pada musim panas 2013 ini menjadi sebuah pertanyaan besar bahkan sebuah anomali, atas dasar apa Bale dihargai sebegitu mahal. Aksi pembelian gila-gilaan dua klub kaya Prancis, AS Monaco dan Paris Saint Germain saat membeli mahal Radamel Falcao dan Edinson Cavani bisa diterima secara wajar karena dua pemain tadi pernah menjadi pencetak gol terbanyak di liga-liga elit, atau mencetak prestasi bersama timnas negaranya masing-masing. Karenanya saya bisa mengambil kesimpulan bahwa pembelian mahal Gareth Bale oleh Real Madrid hanya atas dasar gengsi rivalitas dengan mush bebuyutan Barcelona. Real Madrid seolah ingin menunjukkan bahwa mereka tak mau kalah dengan Barcelona yang pada musim panas ini merekrut Neymar dengan harga mencapai 57 Juta Euro.


TAGS Sepakbola Transfer Termahal Di Dunia


-

Author

Follow Me