Tips Sederhana Menghindari Gigitan Nyamuk

5 Sep 2013

Saat ini banyak sekali dijual obat anti nyamuk dalam bentuk krim, spray, cairan, ataupun kertas bakar. Hampir semua anti nyamuk tersebut menggunakan bahan kimia DEET, yang memiliki efek samping jika digunakan secara rutin dalam jangka waktu lama. Untuk mengatasi terkontaminasi DEET akibat terlalu sering menggunakan obat anti nyamuk tadi, sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang terbilang aman untuk menghindari gigitan nyamuk.

  • Kelambu Membantu Menghidari Gigitan Nyamuk

Walaupun terlihat ketinggalan jaman, kelambu masih terbilang efektif untuk menghindari gigitan nyamuk. Selain aman dan tanpa bahan kimia, kelambu juga terbilang praktis. Anda cukup membeli sekali, kelambu bisa digunakan kapan saja anda mau. Saat ini banyak jenis kelambu yang dijual dengan bentuk yang menarik dan praktis saat penggunaannya.

14ab3723cbe4bfb308c9c9371d2370ad_kelambu

  • Minyak Kayu Putih Aman Untuk Anak

Jika anda memiliki bayi atau anak-anak yang juga membutuhkan perlindungan dari nyamuk, minyak kayu putih bisa membantu Anda untuk menghindari gigitan nyamuk di kulit halus mereka.

Beberapa orang juga terbiasa menanam tanaman minyak kayu putih, sebagai cara yang berbeda untuk menangkal nyamuk, sehingga bukan hanya bisa menghindari gigitan nyamuk, tetapi juga bisa mengusir nyamuk dari rumah.

  • Hindari Pakaian Berwarna Hitam dan Gelap

Memakai baju berwarna hitam saat akan tidur atau saat malam hari sebaiknya anda hindari. Nyamuk akan mengira warna gelap tersebut sebagai tempat mereka berkumpul. Menggunakan warna terang atau warna putih akan membantu menghindari datangnya nyamuk kepada anda.

a4a2f02e4dcdbccbb7e39fe667c53b89_pakain-warna-terang

  • Minyak Lemon Eucaliptus

Menurut beberapa orang ahli kesehatan, minyak lemon dapat membantu seseorang untuk menghindari gigitan nyamuk. Selain sehat, minyak lemon juga tidak mengandung DEET. Dalam minyak lemon eucaliptus, terkandung zat cineolo yang merupakan zat yang memiliki sifat terapi aktif, termasuk digunakan untuk menghindari gigitan nyamuk. Dalam sebuah lemon eucaliptus, terdapat 70% kandungan cineolo. Karena minyak lemon ini terbilan sangat efektif dibanding minyak terapi alami lain untuk membantu menghinddari gigitan nyamuk. Minyak Lemon Eucaliptus ini sudah dijual di banyak supermarket atau apotek.

96667589eec7dc27e48dff79ef474312_minyak-lemon

  • Hindari Parfum Beraroma Bunga

Menurut beberapa peneliti, nyamuk sangat suka sekali dengan harum bunga. Nyamuk sangat menyukai kandungan nectar yang terdapat dalam bunga. Karenanya ketika seseorang menggunakan parfum bunga, terutama bunga mawar, maka akan meningkatkan kecenderungan nyamuk datang kepada Anda. Ada baiknya di saat malam hari, anda mengganti wangi parfum Anda dengan aroma wangi selain harum bunga.


TAGS Kesehatan Obat Anti Nyamuk Paling Aman


-

Author

Follow Me