10 Fakta Tentang Blogdetik Yang Jarang Diketahui Netizen

13 Sep 2013

Saat ini sedang ramai para blogger mengikuti kontes ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’ yang diprakarsai oleh Blogdetik bekerja sama dengan Komunitas DBLOGGER. Jumlah peserta yang mendaftar lomba ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’ mencapai lebih dari 300 blogger. Bila diambil rata-rata jumlah blogger yang konsisten update postingannya sekitar dua pertiga dari pendaftar, maka akan ada 200 postingan lebih yang diupdate setiap harinya di Blogdetik. Jumlah postingan peserta lomba ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’ di Blogdetik tadi tentunya bisa menambah wawasan baru dan khasanah ilmu pengetahuan di dunia online.

Banyak Netizen (pemakai internet/ warga internet) yang hingga saat ini belum memakai platform Blogdetik karena ketidaktahuan mereka, atau memang belum tertarik untuk membuat blog di detik.com. Banyak pula Blogger detik yang belum mengetahui sejarah ataupun fakta-fakta unik tapi penting mengenai Blogdetik.

Karena itu saya coba merangkum beberapa fakta tentang Blogdetik berdasarkan investigasi olah data yang saya himpun. Inilah 10 fakta yang jarang diketahui Netizen tentang Blogdetik:

1. Blogdetik secara resmi diperkenalkan oleh detik.com kepada khalayak umum pada tanggal 3 Februari 2008. Tujuan awal dari pihak detik.com untuk membuat Blogdetik adalah karena dasar mulia tim development detik.com pada saat itu, yaitu memanjakan Netizen Indonesia agar bisa menghemat bandwidth internasional yang ujung-ujungnya menghemat devisa negara. Selain itu, karena ditaruh di server lokal, tentu saja mengaksesnya bisa lebih cepat. Khususnya buat blog yang memang mayoritas pembacanya adalah berdomisili di Indonesia. Jadi gak harus muter-muter dulu ke luar negeri, semisal kalo kita ngeblog di wordpress.com, blogger.com, dll.

Cerita lengkap tentang proses pembuatan Blogdetik bisa dibaca dalam postingan punya Mr. Donny BU yang berjudul ‘Ngeblog di Server Lokal = Hemat + Cepat‘. Dan Pengumuman launching resmi Blogdetik juga dirilis oleh pihak detik.com di Surat Buncit per tanggal 5 Februari 2008 yang berjudul ‘Blog Maia di blogdetik.com’

2. Postingan pertama blogger di blogdetik adalah ‘publishing + networking = pusing?’ yang dipublish oleh Mr. Donny BU pada 5 Januari 2008, atau sebulan kurang sebelum blogdetik resmi diperkenalkan kepada Netizen. Donny BU pada waktu itu menduduki jabatan manager portal publisher.

43bf21623d0b7521a8905e97688d8dbe_blogdetik-yoszca

3. Saat ini kapasitas memori/ penyimpanan data yang terdapat dalam setiap akun Blogdetik berkapasitas 100mb. Pada awal peluncurannya, kapasitas memori di Blogdetik tak sebanyak itu, hanya ada 25 mb. Namun sejak pertengahan bulan April 2008, Blogdetik telah menambah kapasitas memori hingga 100mb untuk setiap user. Kapasitas memori ini bisa habis apabila sudah penuh dengan foto-foto atau postingan. Jika kapasitas memori anda telah mencapai 100 mb, silahkan hubungi admin[at]blogdetik.com untuk menambah kapasitas memori blogdetik anda.

4. Hingga saat ini diperkirakan ada sekitar lebih dari 200 ribu user di blogdetik. Data ini diambil dari perkiraan perkembangan pemakai Blogdetik dari update terakhir pengguna Blogdetik per bulan Mei 2011 yang berjumlah 137.523 ribu user [info pengguna Blogdetik per bulan Mei 2011 ada disini]

5. Bila Netizen ingin mendaftarkan/mendapatkan akun di Blogdetik.com, maka paling tidak Netizen itu harus memilih 4 abjad untuk nama domain blogdetiknya. Tapi ada 1 akun blogdetik yang hanya mempunyai nama dengan 3 karakter yakni DEV.BLOGDETIK.COM yang merupakan milik tim IT detik.com

6. Pada tahun 2010 Blogdetik pernah menerima penghargaan bergengsi Marketeers Netizen Champion dari The Marketeers. Penghargaan ini didapatkan karena blogdetik dianggap sebagai komunitas yang turut serta menjadi penggerak gerakan Netizen di Indonesia.

7. Salah satu produk iklan yang banyak diincar oleh Netizen adalah Adsense yang merupakan produk iklan dari Google. Ternyata adsense ini sudah bisa dipasang pada beberapa subdomain blogdetik. contohnya di akun milik: Gajah Pesing, RGesit. Bagaimana cara memasang iklan adsense di blogdetik silahkan tanya langsung kepada pemilik akun-akun tadi karena sampai hari ini saya juga belum mendapatkan trik memasang adsense di Blogdetik.

8. Tanggal 2 Agustus 2008 jadi hari yang bersejarah bagi Blogdetik. Pada tanggal itu sekitar 300-an blogger secara serentak memposting artikel scara non stop ke blogdetik.com. Acara ini bertempat di JACC Tanah Abang.

Selama 3 jam non stop, tercatat sebanyak 1064 jumlah artikel diposting. Dan MURI mencatatnya sebagai rekor baru dalam jumlah posting terbanyak. Acara spektakuler ini dihadiri dan dibuka oleh Dirjen Aplikasi Telematika Cahyana Amadjayadi.

c2409f98af6e2e1136c335c99747e734_rekormuri

9. Blogdetik pernah mempunyai kolom yang diberi nama ‘Blogger of The Week’ sejak bulan Juni 2009 hingga bulan Mei 2010. Kolom ‘Blogger of The Week’ merupakan kolom yang memprofilkan Blogger-Blogger yang sangat inspiratif di Blogdetik, baik secara tulisan maupun kehidupan sehari-hari. Sekedar info saja, ‘Blogger of The Week’ terakhir yang profilnya dituliskan oleh Blogdetik adalah Melyana Feyadin yang kini jadi salah satu dewan juri kontes ‘30 Hari Non Stop Ngeblog’.

10. Kompetisi blog pertama di Blogdetik adalah “Ngeblog Bisa Ketemu Langsung Incubus!”.


TAGS Postingan Terpopuler Blogdetik


-

Author

Follow Me