Romansa Sejenak Di Jogja Dengan Sahabat Lama Yang Luar Biasa

3 Dec 2013

Banyak kisah yang ingin gue ceritakan sepanjang perjalanan ke Jogja untuk menghadiri acara Kopdar Blogger Nusantara 2013, dari kisah tertundanya perjalanan gue ke sana, kisah canda tawa di home stay 17, kisah rekan sepenginapan yang mengalami musibah, dan berbagai kisah seru haru lainnya.

Namun kisah romansa sejenak di Jogja dengan sahabat lama nan sederhana namun luar biasa ini menjadi salah satu momen terbaikku sepanjang gelaran Kopdar Blogger Nusantara 2013, yaitu perjumpaan dengan seorang blogger wanita asal Lamongan yang juga merupakan penulis beberapa buku remaja dan anak-anak.

Sahabat lamaku itu adalah Ana Fauziyah. Sudah cukup lama gue tidak berjumpa langsung dengannya, pertama dan terakhir kalinya bertawa canda dengan Ana pada bulan Juli 2011 silam dalam sebuah acara outbound di Kampung 99 yang dihadiri oleh blogger-blogger pecinta lingkungan (kisah lengkapnya ini “Blogger Turut Menghijaukan Kampung 99“; “Menikmati Kehidupan Di Hijaunya Kampung 99 Pepohonan“; “Master Chef Indonesia ala 7Green“, dan “Kebersamaan“)

Di Kampung 99 kami yang mengikuti acara Report from The Field” melakukan banyak kegiatan seru yang sulit untuk dilupakan, misalnya memerah susu kambing, menanam pohon yang dinamai dengan nama kita sendiri, menangkap ikan di empang, membuat pupuk organik, senam aerobik, hingga berdiskusi cara membuat tulisan yang baik bersama penulis ternama F.X Rudy Gunawan.

Report From The Field 2011

Report From The Field 2011

Pada acara diskusi membuat tulisan yang baik tadi setiap peserta diajak untuk memperkenalkan dirinya masing-masing dengan berbagai cara unik dan juga membuat tulisan tentang apa saja secara spontan. Nah, pada saat itu gue kepincut dengan presentasi puisi Ana Fauziyah yang notabene merupakan anggota grup pesaing (saat itu peserta dibagi dalam dua kelompok: gue di kelompok “7 GREEN” sedangkan kelompok lainnya dinamai “IJO-IJO. Saat itu Ana Fauziyah dengan ciamik membacakan puisi berjudul ‘ Balada Ciuman Pertama” karyanya sendiri. Ana Fauziyah saat itu memperkenalkan diri sebagai mahasiswi tingkat akhir di Universitas Nasional Jakarta jurusan Sastra.

Pasca acaraReport from The Field”, gue masih berhubungan dengan aktif dengan beberapa peserta melalui online, ada juga satu-dua orang blogger yang kerap berjumpa karena mereka tinggal di Jakarta. Gue pun dengan senang hati mengajak mereka untuk bergabung ke komunitas-komunitas blogger yang ada di Jabodetabek termasuk juga ke DBlogger, agar bisa sering kopdaran.

Hingga suatu ketika sekitar pertengahan tahun 2012, gue menanyakan kabar rekan-rekan eks peserta ‘Report From The Field”, dan ternyata gue mendapatkan kabar bahwa Ana Fauziyah sudah pergi meninggalkan kota Jakarta pasca ayahnya meninggal dan ingin menemani ibundanya serta berkarya di Lamongan. Ana sendiri pada waktu itu sudah lulus kuliah dan sempat menjadi reporter di salah satu media.

Gue terus terang salut dengan pilihan hidup Ana yang mau meninggalkan gemerlapnya metropolitan Jakarta demi berkontribusi buat kota kelahirannya Lamongan. Setelah Ana di Lamongan, gue masih kerap bertukar sapa dengan Ana lewat facebook atau lewat komentar di blognya ini “http://mbokmenik.wordpress.com/” yang isinya sangat menarik dan asyik untuk dibaca. Dari beberapa kali bertukar sapa, gue pun mengetahui bahwa Ana memutuskan untuk menjadi guru. Di Lamongan, Ana juga membuat buku ber-genre remaja, salah satunya berjudul “The Reason is You”. Ana juga bercita-cita ingin jadi penulis buku anak-anak.

Beberapa Minggu lalu, gak sengaja profil Ana hadir di beranda facebook gue. Kebetulan saat itu sudah gembar-gembor bakal diadakan “Blogger Nusantara 2013″. gue pun menanyakan dia apakah sudah ikut mendaftar ke Jogja. Dan ternyata dia juga baru tahu. Gue pun menyarankan kepada dia untuk ikut mendaftar ikut ke Jogja dengan harapan bisa bereuni kembali dengan alumni Report from The Field”.

Gue pun sudah siap-siap dengan membeli tiket berangkat ke Jogja per tanggal 30 November. Tapi apa mau dikata, ternyata gue dengan terpaksa harus menunda keberangkatan ke Jogja karena ada tugas mendadak dari pekerjaan yang harus diselesaikan.

Sepanjang perjalanan gue beberapa kali ditanyai oleh Ana apakah ada rekan-rekan alumni “Report From The Field” lainnya yang hadir di Jogja. Yang gue ketahui saat itu hanya Riri saja alumni “Report From The Field” lainnya yang berangkat ke Jogja. Pada akhirnya gue pun tiba di Jogja tanggal Minggu dinihari pukul 2 pagi (1 Desember) lalu, ternyata ada pesan singkat dari Ana yang masuk ke handphone gue mengabarkan dia mau berangkat pagi-pagi dari penginapan Tembi. Kontan gue pun sedikit merasa gak enak hati kepada Ana dan Riri karena bakal tak bisa bereuni bersama di Jogja.

Setelah menikmati angin malam di Malioboro selama tiga jam lebih sembari booking kamar penginapan buat nanti sore, pagi-pagi sebelum mentari merekah gue pun berangkat ke Tembi. Namun gue sempat nyasar entah dimana sewaktu menggunakan Trans Jogja. Akhirnya gue pun menelepon tukang ojek yang kebetulan berpartner dengan panitia ‘BlogNus 2013″ untuk mengantarkan gue ke Tembi.

Sesampainya di Desa Tembi, gue sempat kebingungan karena tak bisa mendapatkan homestay yang ditentukan buat gue. Beruntung saat gue kebingungan, ada Babeh Helmi yang panggil gue dari dalam satu rumah, akhirnya gue merapat ke sana untuk cuci muka dan juga menaruh barang bawaan.

Ada pesan singkat masuk ke handphone gue dari Ana yang mengabarkan dia segera pengen pulang dan lagi sarapan pagi. Akhirnya gue mencari-cari dia dan gak ketemu! Tapi saat gue bingung ada suara yang menyapa gue…ahaaa ternyata si Ana lagi makan pagi dengan rekan sekamarnya. Saat makan itulah gue dan dia bercerita singkat menanyakan kabar masing-masing dua tahun sebelumnya. Gue pun tahu dari Ana bahwa dia dan beberapa temannya membuat taman bacaan di depan rumahnya yang diberi nama ‘Taman Baca Suka Buku” (salutttt…)

2617c571e329be456892de441b794e2e_taman-baca-suka-buku

Dan ternyata Ana membawakan gue buku karyanya “The Reason is You”. Gue sudah berupaya keras untuk membayar bukunya itu, tapi dengan gigih Ana menolak.

Seusai makan pagi, Ana pun bergegas untuk berangkat pulang ke Lamongan karena takut kemalaman karena dia berangkat sendirian dari sana. Sebelum berpisah tak lupa kami bersama mengabadikan perjumpaan singkat di Jogja ini. Akhirnya gue pun mengantar dia hingga ke jalan raya Tembi. Itulah kisah romansa reuni sejenak gue dengan sahabat lama nan sederhana namun luar biasa, Ana Fauziyah.

Ana & Yoszca

Ana & Yoszca

Postingan ini diikutsertakan dalam kontes Ekspresi Blogger Nusantara 2013 by SlameTux dan kontes Serunya Kopdar Blogger Nusantara bareng Melly Feyadin .

N.B: Kalau gue menang kontes ini, gue akan menyumbangkan hadiahnya buat ‘Taman Baca Suka Buku” yang dikelola oleh Ana.. Aminn…


TAGS Inspiring Woman


-

Author

Follow Me